Menggali 4 Potensi Pakan Murah untuk Ayam Kampung


Keberadaan atau stock dedak dan bekatul tidak selalu berlimpah, apalagi jika tidak pada musim panen padi. Selain itu ketersedian pakan berupa dedak bekatul tidak selalu dalam kondisi terbaiknya. Semisal, terdapat kulit sekam yang sengaja digiling untuk dijadikan campuran dedak bekatul pakan ayam.

Kualitas dedak bekatul yang dicampur gilingan sekam tidak akan berdampak positif melainkan menghambat segala potensi baik pada ayam kampung peliharaan. Dedak bercampur sekam giling akan mudah dicirikan yaitu ketika diremas akan terasa kasar (bukan kasar berisi menir namun kulit keras sekam hasil gilingan). Dari satu ciri tersebut, maka sudah bisa dipastikan bahwa dedak yang kita pegang sudah hasil campuran dan kualitasnya berkurang. Pakan semacam itu hanya akan melewati usus tanpa bisa dicerna atau bahkan diserap oleh ternak ayam.

Dari berbagai kesulitan untuk mendapatkan dedak bekatul yang berkualitas baik, maka pakan murah lain juga harus bisa dihadirkan.

Kita tahu bahwa kandungan dedak bekatul termasuk salah satu bahan energi metabolis atau sumber tenaga yang dibutuhkan untuk ternak ayam. Sebagai sumber karbohidrat, maka peran dedak bekatul bisa disubstitusi oleh bahan lain yang juga mengandung karbohidrat, seperti contohnya pakan dari bahan dasar umbi-umbian.

Selain karbodrat, tentunya banyak nutisi lain yang dibutuhkan ternak ayam kampung agar pertumbuhan postur, produksi daging serta telurnya bisa optimal. Protein, serat, lemak, kalsium, fosfor adalah beberapa nutrisi lain yang baik digunakan sebagai  ransum ternak ayam kampung.


Pada artikel kali ini, maka 4 Potensi Pakan Murah untuk Ayam Kampung akan dijabarkan. Pakan yang kita jabarkan adalah bahan pakan yang bersumber dari alam serta sengaja diberdayakan dengan metode memaksimalkan lahan disekitar kandang.

Lahan Untuk Budidaya Azolla

Lahan yang kita sediakan bisa berupa kolam-kolam dari terpal. Tidak perlu terlalu dalam karena tanaman jenis air ini hanya berukuran kecil. Antisipasi terhadap cuaca hujan perlu dilakukan untuk mengantisipasi hanyutnya rumput azolla akibat tingginya curah hujan yang jatuh ke kolam budidaya.

Wadah atau tempat apapun sebenarnya bisa digunakan asal masih terdapat sinar matahari untuk mendukung pertumbuhan rumput air azolla. Bahkan, pemanfaatan parit atau saluran air juga bisa dilakukan.

Meski mungkin saja sulit dalam menyediakan lahan, namun kandungan dari rumput azolla untuk pakan ayam ini cukup lengkap, antara lain; dengan persentase 31,25% protein, 7,5% lemak, 6,5% karbohidrat, serat kasar dan nutrisi lainnya.

Lahan Untuk Menanam Dedaunan

Lahan untuk menanam dedaunan atau pohon-pohon kecil juga bisa kita gunakan. Selain sebagai area peneduh, inti dari menanam dedaunan atau pohon-pohon kecil adalah untuk dimanfaatkan sebagai ransum pakan ayam kampung. Tanaman seperti ubi jalar, singkong, pepaya, daun kelor serta daun afrika bisa jadi pilahan tanaman yang wajib ditanam dilingkungan kandang.

Dedaunan tersebut adalah sumber pakan yang kaya akan serat kasar. Terlebih, terdapat pula fungsi lain dari dedaunan yang akan bermanfaat bagi ternak ayam kampung kita. Sebagai contoh, daun pepaya berguna sebagai booster alami agar nafsu makan ayam kembali muncul. Kemudian, contoh kedua yaitu kegunaan dari daun kelor yang juga mengandung tinggi kalsium untuk membentuk postur serta ketahanan tulang ayam kampung peliharaan. Sebagai tambahan, kehadiran daun afrika bisa digunakan sebagai obat alami ketika ayam-ayam peliharaan mengalami sakit pencernaan (feses putih) akibat cuaca atau hal lainnya.

Kemudian, bertanam tanaman obat lain juga bisa dilakukan agar semakin lengkap ragam tanaman yang mendukung kesehatan serta kualitas ternak ayam kampung kita.

Budidaya Maggot BSF

Maggot BSF, larva BSF atau belatung lalat tentara hitam juga menjadi salah satu ragam ransum pakan ayam kampung yang layak untuk dihadirkan. Dikatakan bahwa kandungan protein belatung bisa mencapai 44,26% serta 29,65% untuk kandungan lemaknya. Angka tersebut tentu akan sangat baik bila diterapkan sebagai ransum pakan ayam.

Keunggulan dari budidaya maggot bsf ialah sumber pakan yang diberikan hanya berasal dari limbah hijau sisa dapur ataupun dari sumber lain yang jumlahnya lebih banyak, misal toko buah dan pasar.

Apapun akan dimakan oleh maggot bsf karena maggot ini juga berperan sebagai pengurai alami. Selain pakan limbah buah dan hijauan, pemberian kotoran ternak juga bisa dijadikan pakan maggot bsf.

Pakan BSF dan lalatnya baik diberikan ketika sudah mengalami proses fermentasi. Hal itu dilakukan agar tidak tercampurnya larva bsf dengan lalat jenis lain yang juga tertarik bertelur di media yang sama.

Budidaya Cacing Tanah

Cacing, kehadirannya sebagai indikator bahwa kondisi tanah berada pada tahap gembur. Bukan seperti jenis pengurai lain didalam pot yang juga menghancurkan struktur akar muda tanaman (uret dan kaki seribu), cacing akan dengan sendirinya keluar dari pot dan mencari media lain tanpa merusak sistem perakaran yang ada.

Budidaya cacing sangat bisa dilakukan di sekitar area kandang, bahkan dibawah kandang sekalipun bisa dijadikan lahan untuk budidaya cacing tanah. Dengan menjaga kondisi kelembaban media budidaya cacing maka habitat tersebut juga akan sesuai untuk cacing berkembang biak.

Pemanfaatan kotoran ternak ayam atau kotoran ternak lain untuk budidaya cacing akan menghasilkan dua keuntungan. Yang pertama ialah hasil budidaya cacing akan menjadi sumber pakan ayam bernutrisi tinggi. Selain itu, media bekas cacingnya (kascing) pun bisa dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman untuk menyuburkan pakan hijauan yang juga sedang dipersiapkan sebagai ransum tambahan pakan ayam.

Sebagai penutup, definisi murah menurut masing-masing peternak tentu saja berbeda. Namun apabila, ditempat kita terdapat potensi lahan yang bisa dimanfaatkan serta kita tertarik untuk menghasilkan pakan murah seperti yang tersebut dipembahasan atas, maka mempersiapkan ketersediaan pakan akan menjadi hal utama untuk dilakukan.

Setelah proses memproduksi pakan sudah terkalkulasi dengan baik, maka tahap memelihara ayam sudah bisa dilakukan. Pakan adalah kebutuhan pokok saat beternak ayam. Sedangkan, menyediakan pakan murah serta berkualitas adalah pilihan untuk setiap peternak. Memanfaatkan potensi dan memaksimalkan daya usaha secara otomatis akan menghasilkan peningkatan margin keuntungan yang kita bisa dapatkan.
Menggali 4 Potensi Pakan Murah untuk Ayam Kampung Menggali 4 Potensi Pakan Murah untuk Ayam Kampung Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on January 16, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.