Hijauan Pakan Kelinci


Sebenarnya bermacam hijauan boleh-boleh saja dimakan oleh kelinci apalagi ketika si kelinci sendiri yang memilih mau makan apa saat berada diluar kandang atau bermain bersama tanaman di halaman. Namun ada hijauan atau tumbuhan yang sangat kelinci sukai dan berpotensi buruk bagi kondisi kesehatan kelinci sendiri.


Wortel menjadi salah satu jenis makanan populer untuk kelinci yang bukan merupakan makanan pokok bagi kelinci. Mungkin berawal dari populernya kartun animasi bugs bunny dan kartun animasi lain yang menggunakan kelinci dan sayur wortel sebagai makanannya.

Pada kartun animasi Rusia "Masha and the Bear" juga sama saja, diidentikan dengan peran kelinci yang mencuri sayur wortel selalu tampak jelas menjadi bagian dari cerita.

Intinya adalah jika dalam kehidupan nyata kelinci boleh-boleh saja makan wortel namun hanya dalam jumlah yang sangat sedikit. Tidak dianjurkan untuk menjadi pakan pendamping atau untuk diberikan secara rutin setiap hari. Setidaknya 1x dalam kurun waktu satu minggu masih diperbolehkan.

Meski termasuk herbivora, namun jangan beri makan kelinci dengan kangkung, wortel, sawi, selada dan banyak sayuran lain yang memiliki kandungan air tinggi akan berbahaya bagi pencernaan kelinci. Dampak yang berpotensi timbul setelah mengkonsumsi sayuran tersebut di atas ialah sakit kembung hingga diare pada kelinci.

Penyakit kembung termasuk salah satu penyakit mematikan untuk sekelas hewan kecil seperti kelinci yang juga memiliki sistem pencernaam yang cenderung sederhana. Oleh karena itu, dalam memberikan makanan mentah (hijauan) sebaiknya bukan berdasarkan pada si kelinci doyan atau tidak, namun lebih pada jenis makanan mentah yang akan diberikan mengandung resiko atau tidak ketika dikonsumsi oleh kelinci. Apalagi jika makanan yang kelinci konsumsi tidak dalam jumlah yang terkontrol jumlahnya, resiko kematian kematian akan tetap ada.

Selain itu, ada juga tanaman yang sangat sederhana yang kemungkinan selalu ada di sekitar kita atau mungkin berada di halaman dekat hunian, yaitu tanaman singkong dan tanaman bayam. Kedua daun dari tanaman itu berbahaya, bisa membuat kelinci mati dalam waktu singkat ataupun lambat.

Pada daun singkong hingga umbinya, meski sudah melalui tahap pemasakan kandungan racunnya (sianida) akan selalu ada, apalagi ketika diberikan ke kelinci dalam kondisi mentah.

Sedangkan pada daun bayam, kandungan oksalat yang tinggi berpotensi menghambat peredaran darah kelinci. Kelinci sangat suka makan daun bayam namun ketika bukan berada di alam liar, maka kita sebagai pemilik harus mencegah kelinci makan daun bayam apalagi dalam jumlah yang tidak sedikit.

Berikut beberapa pakan hijauan mentah yang akan aman meski diberikan dalam kondisi mentah atau sudah dalam kondisi dilayukan. Sedikit informasi, ketika memberikan kelinci pakan hijauan maka jumlah poop yang dihasilkan akan semakin bertambah.

Berbeda dengan kelinci yang hanya memakan pelet, poop yang dihasilkan cenderung akan lebih sedikit jumlahnya. Berikan pelet khusus untuk kelinci dan tidak pur ayam buat makan kelinci. Kandungan nutrisi pada pur ayam tidak sesuai dengan yang dibutuhkan oleh kelinci.

Daun Kelor

Siapa yang tidak mengetahui manfaat dari daun kelor. Pakan daun kelor akan aman bagi kelinci, selain itu bisa juga untuk kita konsumsi sendiri. Jadi, melihat tanaman kelor yang sangat fungsional maka kita bisa menanam pada halaman belakang atau area lain dari hunian.

Rumput Odot

Salah satu jenis rumput yang mudah dibudidayakan, selain itu bisa dijadikan pakan untuk segala ternak ruminansia ataupun ternak ayam. Hijauan ini akan aman meski setiap hari diberikan.

Berbeda dengan rumput gajah yang cenderung memiliki tepian daun yang tajam, tepian daun dari rumput odot akan sangat aman ketika dikunyah kelinci muda umur satu bulan sekalipun.

Sebagai tambahan, ada juga rumput yang secara bentuk daun hampir menyerupai rumput odot yaitu bernama rumput gajah. Rumput gajah atau dikenal dengan rumput Napier Pakchong memiliki ukuran yang cenderung tinggi, bisa mencapai 4meter.

Apakah rumput napier pakchong bagus untuk kelinci? Hal itu bisa saja diberikan asalkan sudah dalam kondisi dilayukan. Tepian daun napier pakchong tergolong sangat tajam dan meski sudah dilayukan, oleh karena itu hati-hati dalam proses pemberian pakan ke kelinci.

Daun Murbei

Daun murbei merupakan salah satu tanaman yang juga fungsional karena bisa kita manfaatkan hasil buahnya. Selain itu, kandungan air dari daun murbei juga sangat sedikit jadi akan aman meski diberikan ke kelinci sesaat setelah dipetik.

Daun pisang

Hijauan daun pisang sangat disukai oleh kelinci. Meski terdapat sedikit getah, pemberian saat daun sudah mulai layu akan sangat aman bagi kelinci.

Daun afrika

Daun ini merupakan jenis daun yang sangat aman terutama jika diberikan ketika kelinci peliharaan sedang mengalami perut kembung, diare ataupun masalah pencernaan lainnya.

Pemberian daun kelor hanya diperbolehkan secukupnya saja hanya untuk tujuan menyembuhkan saja. Jika diberikan dalam jumlah yang terlalu banyak, kemungkinan akan membuat kelinci susah poop karena penyerapan yang terlalu ekstra di dalam ususnya.

Daun pepaya

Daun ini juga tersedia banyak disekitar kita dan keberadaannya tidak akan terpengaruh oleh perubahan musim. Untuk mengurangi jumlah getah, potong kecil-kecil dan biarkan daun pepaya layu sebelum diberikan ke kelinci.

Azolla

Pakan hijauan ini bisa diberikan untuk berbagai macam jenis ternak. Mulai dari ruminansia hingga pada ikan air tawar seperti lele dan gurami. Pemberian azolla tidak selalu mudah diterima oleh kelinci, namun dengan cara dicampurkan sedikit ke pakan yang biasanya diberikan, maka lama-lama kelinci juga akan terbiasa.

Protein dari azolla cukup tinggi dan baik untuk proses penggemukan ataupun pertumbuhan postur kelinci. Untuk cara pemberian, dengan cara meremas azolla agar air kolamnya keluar dan berikan pada kelinci.

Daun kelapa

Untuk mengatur fungsi alami dari gigi kelinci, kita bisa gunakan daun kelapa sebagai alatnya. Untuk dikonsumsi, daun kelapa juga akan aman-aman saja. Selain itu, kandungan air dalam daun kelapa juga cenderung sangat rendah dan akan aman untuk pencernaan kelinci.

Bermacam jenis dedaunan atau hijauan yang keberadaannya tidak terpengaruh oleh perubahan cuaca akan sangat membantu kita. Tanpa perlu ngarit rumput yang juga tidak akan ada ketika musim kemarau, dedaunan ini bisa jadi solusi pakan yang juga sangat mungkin untuk ditanam di halaman rumah.



Hijauan Pakan Kelinci Hijauan Pakan Kelinci Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on February 11, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.