Kelinci Melawan Saat DiKawinkan


Sesudah mengetahui cara perawatan kelinci, tahap selanjutnya akan sampai pada fase kelinci dewasa dengan masa kawin atau berkembangbiak. Tidak selalu berjalan lancar, kelinci terkadang juga menolak untuk dikawinkan.

Sebagai pemula pasti banyak pertanyaan yang muncul tentang gejala-gejala tidak normal yang terjadi pada kelinci yang kita pelihara. Penulis sendiri sewaktu pertama kali memelihara kelinci juga masih tidak paham dengan apa yang terjadi dengan kelinci yang dipelihara. Hal baru selalu terjadi dan kita tidak mengerti sebab dan cara penyelesaiannya.


Salah satunya tentang  permasalahan yang muncul ketika kelinci yang kita miliki tidak mau kawin. Kelinci dewasa akan mulai bereproduksi ketika umurnya menginjak 6-8bulan. Pada umur itu, alat reproduksi kelinci sudah mulai aktif didukung dengan birahi yang sudah mulai muncul untuk kelinci betina.

Permasalahan yang muncul, kenapa kelinci betina kalo dikawinkan ngelawan? Hal itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor dan harus ditangani agar proses pembiakan kelinci bisa tetap berhasil dilakukan.

Kelinci Tidak Birahi

Belum tentu kelinci betina setiap waktu (random) bisa dikawinkan. Kelinci betina akan memasuki masa birahiya, hal itu ditandai dengan kloaka atau area alat kelamin yang berwarna kemerahan (tidak pucat). Meski hal itu bukan satu-satunya syarat, ada kalanya tanpa indikator alat kelamin yang berwarna merah pun kelinci betina tetap mau dikawinkan.


Kelinci Sudah Hamil

Salah satu alasan kenapa kelinci menolak dikawikan yaitu dengan cara mengeluarkan suara mengerang. Hal itu bisa disebabkan oleh kondisi kelinci yang sudah dalam kondisi hamil. Ketika sudah hamil, kelinci akan semakin sensitif dan cenderung tidak ingin diganggu oleh manusia ataupun oleh kelinci lainnya.

Jika hal itu terjadi, sebaiknay pisahkan kelinci dari gangguan kelinci lain. Kondisikan agar kelici tidak stress selama masa hamilnya yang kurang lebih akan berjalan selama 25-35hari. Dalam waktu itu, kondisi perut kelinci akan semakin membesar.

Pilih-Pilih Pejantan

Kelinci juga bisa punya selera terhadap memilih pejantan. Ketika kelinci tidak tertarik pada pejantan tertentu maka penolakan akan dengan segera dilakukan. Hal itu bisa juga disebabkan oleh sifat alami kelinci yang cenderung teritorial atau dominan terhadap kelinci lain.

Jika penolakan terjadi, kita bisa coba dengan cara mengganti atau memasukan kelinci betina pada kandang pejantan lain. Jika responnya terhadap pejantan manapun akan sama maka permasalahannya bukan tentang pejantannya, namun lebih kepada dua poin yang sebelumnya sudah dibahas di bagian atas, yaitu kelinci sedang tidak birahi atau kelinci sudah dalam kondisi hamil.

Cara Mengawinkan Kelinci

Ketika mengawinkan kelinci, kita bisa masukan kelinci betina pada kandang kelinci jantan. Hal itu dilakukan agar sifat dominan kelinci pejantan lebih kuat. Tak berapa lama ketika saling tertarik, maka proses kawin akan segera terjadi dan ditutup dengan si kelinci pejantan yang terjungkal kesamping. Biarkan proses kawin terjadi dua hingga tiga kali atau bisa ulangi dalam dua hari lagi.

Kelinci Melawan Saat DiKawinkan Kelinci Melawan Saat DiKawinkan Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on February 13, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.