Bagian Tumbuhan yang Biasanya di Stek


Stek atau mengambil bagian tubuh dari tanaman induk merupakan salah satu cara budidaya dengan metode vegetatif. Sifat dari hasil stek akan 100% menyerupai sifat asli dari tanaman induk. Berbeda dengan metode generatif atau budidaya tanaman dengan menggunakan biji, perbedaan sifat bisa saja muncul karena adanya proses kawin dari biji yang kita tanam.

Tidak semua tanaman bisa dibudidaya dengan cara stek. Namun jika penasaran, silahkan mencoba sendiri dengan cara mengambil bagian dari tanaman induk untuk memastikan apakah tanaman tertentu bisa di stek ataukah tidak. Mungkin bisa saja dilakukan stek, namun membutuhkan perlakuan khusus agar tanaman bisa selamat selama proses penyembuhan hingga nantinya tumbuh.

Beberapa tanaman yang bisa distek antara lain; 

Stek Tanpa Perlakuan Khusus

Stek tanpa perlakuan khusus artinya kita tidak perlu melakukan sungkup atau apapun agar stek bisa tumbuh. Kita tingal potong atau letakan bagian tanaman pada tanah dan tunggu waktunya tanaman tumbuh. Sebagai contoh tanaman yang bisa tumbuh dengan begitu saja, antara lain; batang singkong, batang gamal, batang mulberry (murbei), batang kelor, batang cincau, pucuk tanaman kentang, batang pepaya jepang, batang katuk, batang ubi jalar, daun cocor bebek, dll

Stek dengan Perlakuan Khusus

Sedangkan tanaman stek yang membutuhkan pelakuan khusus atau membutuhkan sungkup atau diletakan dalam green house, antara lain; jambu air, jambu  biji, batang beringin, batang jeruk, batang tanaman serut, dll

Bagian dari tanaman induk yang bisa dipergunakan sebagai bahan stek tentu bisa beragam. Ada jenis tanaman yang akan lebih mudah dilakukan stek dengan cara mengambil bagian pucuk yang dalam kondisi dorman, ada pula tanaman yang di stek dari daunnya, kemudian ada juga tanaman yang bisa diambil segala bagiannya sebagai bahan untuk stek.

Tanaman dengan Stek Batang

Tanaman Jambu Air (pucuk)
Tanaman Jeruk (pucuk)
Tanaman katuk
Tanaman Singkong
Tanaman Ubi jalar
Tanaman beringin
Tanamna Jamb biji (pucuk)
Tanaman Mint (pucuk)
Tanaman Mulberry
Tanaman cincau
Batang gamal


Tanaman Dengan Stek Daun

Tanaman Cocor Bebek
Tanaman Gantung Pilea Nummulariifolia
Tanaman Begonia
Tanaman Lidah Mertua
Tanaman Zamia Dolar / ZZ plant
Tanaman Sukulen
Tanaman daun suji
Tanaman Mangkokan

Tanaman yang berpotensi untuk bisa dibudidaya dengan cara stek tentu tidak terbatas pada tanaman yang telah tersebut di atas. Masih banyak jenis tanaman lain yang bisa dibudidaya dengan cara stek dan dengan berbagai bagian tertentu yang bisa diambil sebagai bahan untuk melakukan stek.

Baca juga: Stek Menggunakan Sungkup vs Green House

Membutuhkan perlakuan khusus artinya tanaman akan butuh alat-alat yang steril saat dipotong serta perlakuan khusus saat tanaman ditanam hingga nantinya bisa tumbuh dan menjadi tanaman yang bisa hidup sendiri.
Bagian Tumbuhan yang Biasanya di Stek Bagian Tumbuhan yang Biasanya di Stek Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on March 12, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.