Durasi Stek Tanaman Hingga Berbuah


Stek tanaman merupakan salah satu hal yang paling lazim dilakukan. Tujuan utamanya adalah agar bisa mendapatkan jenis bibit tanaman dengan kemampuan menghasilkan buah yang jauh lebih cepat. Selain itu, sifat tanaman hasil stek juga bisa dipastikan akan serupa dengan sifat asli induknya.

Pada dasarnya tidak semua tanaman buah bisa diperbanyak atau dibudidaya dengan cara stek batang. Ada cara lain yang bisa diaplikasikan dan tetap dengan metode vegetatif yaitu okulasi atau sambung pucuk. Cara apapun asal menggunakan metode vegetatif atau mengambil bagian batang, daun atau tunas yang berasal dari induk tanaman yang berkuaitas, pasti juga akan menghasilkan peranakan yang sifatnya serupa juga.

Cara stek

Dengan cara memotong bagian pucuk tanaman yang berkondisi dorman atau sedang tidak tumbuh daun muda merupakan jenis bahan stek yang baik. Pergunakan alat-alat yang steril agar potensi kegagalan bisa diminimalisir.

Kita juga bisa baca taap-tahap melakukan stek dari LINK BERIKUT INI

Lama waktu melakukan stek hingga akhirnya tanaman bisa tumbuh secara mandiri kurang lebih antara 2-3bulan. Perbedaan waktu bisa disebabkan oleh kualitas pemilihan batang serta perlakuan selama proses tanamnya.

Stek Mulai Dewasa dan Mulai Berbuah

Jika diperkirakan, tanaman buah hasil stek akan mulai berbuah ketika umur 1-2 tahun. Hal itu tidak bisa menjadi patokan secara keseluruhan karena cara masing-masing individu pasti akan berbeda dalam memberikan asupan nutrisi untuk tanaman-tanaman mereka. Semakin seimbang asupan nutrisi yang diterima tanaman, maka proses tumbuh hingga nantinya tanaman mampu berbuah akan tercapai semakin cepat. Namun, ketika banyak terhambat, maka proses yang lama hingga sampai pada fase berbuah juga pasti akan dialami.

Oleh karena itu, untuk perawatan tanaman, khususny tanaman buah di daam pot, sebaiknya jangan terlalu fokus pada kapan tanaman ini akan menghasilkan buah. Fokus saja pada cara memberikan nutrisi yang konstan (terus menerus) agar tanaman bisa maksimal membentuk posturnya sampai nanti saatnya dia akan berbakti dan menghasilkan buah yang kita tunggu-tunggu. Sebenarnya dengan memberikan asupan pupuk N yag dominan saat masanya tumbuh disertai dengan sedikit P dan K yang seimbang sudah cukup. Kemudian, selalu cek kondisi perakaran juga perlu dilakukan. Tanaman yang tumbuh dengan subur dengan sendirinya akan mencapai masa mature dan mulai pada fasenya menghasilkan buah.
Durasi Stek Tanaman Hingga Berbuah Durasi Stek Tanaman Hingga Berbuah Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on March 11, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.