Cegah Jamur pada Stek dan Eten


Menjadi hal yang tidak mengenakan ketika melihat tanaman stek, okulasi, eten ataupun sambung pucuk yang baru beberapa hari umurnya tiba-tiba berjamur dan akhirnya mati. Kondisi munculnya jamur bisa disebabkan oleh beberapa faktor dan kita sendirilah yang bisa menganalisa penyebab dari upaya yang kita lakukan.

Perbanyakan secara vegetatif memang menjadi hobi yang menyenangkan. Apalagi ketika satu batang tanaman yang pernah kita tanam akhirnya bisa hidup berkat campur tangan kita sendiri. Berbekal rasa penasaran dan dengan menggunakan alat seadanya, biasanya stek, okulasi ataupun sambung pucuk kemudian dengan segera dilakukan.

Dari dominasi rasa penasaran tadi, maka ada beberapa hal yang seharusnya menjadi poin penting untuk dilakukan namun jadi tertinggal. Sebagai resikonya, hasil tanaman stek, okulasi ataupun sambung pucuk yang baru beberapa hari dan belum sempat tumbuh daun apalagi akar justru ditumbuhi jamur dan mati.

Syarat Melakukan Stek, Okulasi dan Sambung Pucuk

Syarat utama melakukan okulasi yang baik adalah dengan mempersiapkan alat-alat yang steril sewaktu dipergunakan. Gunakan alkohol atau dengan cara dicuci bersih terlebih dahulu pisau yang akan dipergunakan untuk memotong. Pemberian larutan fungsida juga diperlukan untuk semakin meminimalisir melekatnya hama pada bekas potongan batang stek. Kita bisa gunakan saja larutan alami dari rebusan aloevera sebagai fungisida. Selain itu, mempersiapkan sungkup atau green house sebagai tempat penampungan sementara (umur 1hari hingga 1-3bulan) juga perlu dilakukan.

Media Tanam Stek

Sebenarnya banyak jenis media tanam yang bisa digunakan. Tak perlu pupuk, ketika melakukan stek lebih baik gunakan media tanam yang bukan merupakan media yang mampu ditumbuhi jamur. Arang (sekam/ kulit padi, dll) dan pasir sungai menjadi jenis media tanam yang tidak bisa ditumbuhi jamur. Jadi, untuk mempermudah proses pemulihan kondisi stek serta proses tumbuh daun dan perakaran, kita bisa gunakan kedua media tanam itu. Sebenarnya tanpa perangsang akar sekalipun, jika memang prosesnya steril serta media tanam yang digunakan juga sehat maka stek tanaman tetap dengan mudah akan tumbuh.

Lokasi Budidaya

Tidak perlu area yang macam-macam, dalam budidaya stek, okulasi ataupun sambung pucuk hanya membutuhkan matahari yang cukup agar proses pemulihan kondisi serta proses tumbuh bisa berjalan dengan lancar.

Lebih baik gunakan green house dari plastik besar yang kita belah dari pada menggunakan sungkup yang akan lebih merepotkan. Dengan green house, maka satu plastik besar yang kita letakan di atas tanah bisa menampung banyak tanaman tanpa melakukan sungkup pada setiap satu tanaman.

Baca juga: Stek Menggunakan Sungkup vs Green House Plastik

Kondisikan cahaya matahari antara 60-80ŽC agar suhu hangat di dalam green house bisa tercapai. Jangan letakan pada naungan yang terlalu teduh hingga minim terkena cahaya matahari. Hal itulah yang menjadi penyebab batang menjadi berjamur selain karena penggunaan alat-alat yang kurang steril ketika dipergunakan. Jika media tanamnya kering, segera lakukan penyiraman sebelum tanaman ikut dehidrasi dan mati kekeringan.

Mengatasi Jamur yang Sudah Muncul

Jamur yang sudah terlanjur muncul pada stek, okulasi ataupun sambung pucuk tidak perlu membuat kita repot. Lebih baik segera singkirkan dan buat yang baru. Jangan sambung kembali batang bekas jamur karena kondisi batang bawah menjadi kurang baik. Biarkan batang bawah kondisinya kembali sehat ketika ingin disambung ulang. Jika batang stek berjamur, lebih baik segera buang dan perbaiki kesalahan tentang penggunaan alat serta lokasi peletakan tanaman.
Cegah Jamur pada Stek dan Eten Cegah Jamur pada Stek dan Eten Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on March 13, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.