Hama Uret dan Resikonya


Hobi bertanam juga harus disertai dengan pengetahuan tentang perhamaan. Mereka saling berkorelasi dan jika tidak disadari bahayanya, maka kehidupan tanaman kita yang bakal jadi korbannya.

www.infonet-biovision.org

Jika hobi dalam bertanam tabulampot dan mendapati tanaman di dalam pot tiba-tiba merontokan daun ataupun layu tanpa sebab, maka ada indikasi bahwa tanaman yang kita punya sedang diserang oleh hama pada bagian perakarannya.

Disiram sudah sesuai jadwal, dipupuk pun tidak ketinggalan, namun layu tiba-tiba dan merontokkan daunnya. Hal itu bisa disebabkan oleh sistem perakaran tanaman yang dimakan oleh hama uret. Hama uret, gayas, embuk adalah beberapa sebutan untuk jenis hama pada perakaran tanaman. Berukuran besar menyerupai jemari orang dewasa, warnanya putih dengan bagian kepala coklat yang dipersenjatai mulut bercapit.

Hama uret bisa ditemui pada banyak jenis perakaran tanaman. Rata-rata mereka sengaja diletakan oleh induknya (dalam bentuk telur) pada area yang didalamnya banyak terdapat sumber makanan untuk fasenya saat menetas menjadi larva. Mereka dalam fase larva akan terus makan dengan raks dan akan berhenti ketika sampai pada fase pupa. Oleh karena itu, selain menyerang bagian perakaran tanaman, hama uret akan mudah kita temui pada timbunan sampah dedaunan yang cenderung banyak mengandung makanan untuk uret.

Mereka memang termasuk serangga pengurai timbunan sampah dedaunan yang baik. Namun, sebagai larva yang memiliki mulut capit dan memiliki nafsu makan yang tinggi, maka uret akan dengan mudah memakan timbunan sampah dedaunan hingga ujung perakaran tanaman yang letaknya masih berada di dalam tanah.

Hama uret berasal dari telur kumbang. Hewan yang jika sudah melewati fase larva akan berubah menjadi kumbang ini akan memakan batang muda dan dedaunan tanaman. Dari berbagai macam kumbang dan berbagai tanaman incarannya, mereka semua adalah jenis kumbang yang berbahaya untuk kelangsungan hidup tanaman. Salah satunya, jika mereka sampai memakan pucuk pohon kelapa, maka resikonya tanaman kelapa akan rusah hingga mati.

Makanan Uret Tanah


  • Sampah dedaunan yang dikubur
  • Batang keropos dalam tanah
  • Makan akar tanaman


Hama Uret dan Resikonya Hama Uret dan Resikonya Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on March 10, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.