Cegah Hama pada Daun Azolla


Menjadi bagian tak terpisahkan ketika cara bertanam yang kita gunakan berada di jalur natural atau tanpa pestisida sintetis. Hama apapun akan berpotensi datang untuk mengganggu hingga menghancurkan lahan bertanam azolla. Salah satu hama yang sangat menakutkan yaitu hama ulat daun. Ketika jumlahnya cukup banyak, maka hanya dalam semalam dedaunan azolla akan habis menjadi santapan mereka.

Pencegahan memang lebih dianjurkan, meski sedikit repot, namun tanaman tetap berada dikondisi terbaiknya dan akan tetap bisa dipanen tepat pada waktunya dengan jumlah yang optimal juga.

Cegah hama pada daun azolla bisa dilakukan secara alami. Ramuan alami bisa dibuat menggunakan bahan-bahan alami yang berada disekitar. Mulai dari daun sirsak, daun brotowali, daun afrika, temulawak, bengle, bunga kenanga, bawang putih, daun sirih dan bahan lainnya yang cenderung bebas dari serangan hama ulat khususnya.

Hama ulat memang menjadi yang paling berbahaya untuk tanaman azolla. Oleh karena itu, dengan menggunakan berbagai aroma yang disemprotkan pada permukaan daun azolla, hal itu dapat mencegah kupu-kupu untuk hinggap dan bertelur di azolla.

Ramuan Alami Cegah hama Daun Azolla

Untuk membuat ramuan pencegahan ulat bisa dilakukan dengan mencampur segala bahan dengan cara di rebus. Intinya adalah mengambil sari pati dari berbagai campuran bahan supaya nantinya bisa diaplikasikan dengan cara disemprotkan.

Bisa dengan cara dicincang ataupun diblender, namun proses perebusan wajib dilakukan untuk mematikan bibit penyakit yang berpotensi merusak ramuan dalam proses penyimpanan.

Menyimpan ramuan dengan cara difermentasi juga dianjurkan agar ramuan bisa bertahan dalam waktu lama dan bisa siap digunakan sesuai jadwalnya. Penyemprotan ramuan pencegahan hama bisa dilakukan setiap pagi dengan mencampurkan setengah bagian larutan ramuan dengan air bersih.

Dengan melakukan pecegahan secara alami, maka produk azolla yang kita hasilkan juga akan terbebas dari larutan kimia sintetis. Apalagi ketika azolla dijadikan makanan harian untuk pakan ternak yang akan kita konsumsi secara pribadi.
Cegah Hama pada Daun Azolla Cegah Hama pada Daun Azolla Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on May 04, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.