Jenis Ternak dengan Pakan Azolla


Azolla sudah banyak dimanfaatkan sebagai pakan campuran karena kandungannya yang baik bagi tubuh ternak. Selain itu, kemampuan tumbuhnya yang cepat juga membuat tanaman azolla banyak dibudidayakan pada lahan-lahan sekitar peternakan ataupun kolam-kolam bekas budidaya ikan. Lalu, sebenarnya ternak jenis apa saja yang bisa diberi pakan dengan tanaman azolla?

Azolla merupakan jenis tanaman air yang hidup mengapung pada permukaan air. Memiliki akar berukuran pendek, mereka hanya akan menyerap nutrisi yang dekat dengan permukaan air tanpa pernah bisa menjangkau nutrisi yang berada pada dasar air.

Memelihara azolla bukan lagi hal yang sulit untuk dilakukan. Terlebih lagi ketika yang dibutuhkan oleh azolla adalah limbah kotoran yang dihasilkan oleh hewan ternak itu sendiri. Seperti layaknya sebuah siklus integral yang limbahnya pun kemudian bisa dimanfaatkan oleh mahluk hidup lainnya. Simbiosis mutualisme menjadi istilah yang paling familiar untuk menjelaskan keterikatan antara hewan ternak dengan tanaman azolla.

Meski tak serta merta tanpa aturan ketika mengaplikasikan KOHE atau kotoran hewan ke dalam kolam azolla, namun proses itu tidak lah terlalu sulit untuk dilakukan. Beberapa hal yang diperlukan ialah; memilih KOHE yang sudah tidak berbau, masukan KOHE ke dalam karung, benamkan ke dalam air kolam dengan memberikan pemberat.

Setidaknya, beberapa hal tadi menjadi penting agar proses pelepasan sari pupuk yang terdapat dalam KOHE bisa optimal dimanfaatkan sebagai sumber makanan tanaman azolla. Sebagai tambahan, menginjak karung atau meremas karung secara berkala bisa dilakukan untuk tujuan melepaskan nutrisi pupuk yang masih terperangkap dalam karung.

Baca juga: Campuran Air Untuk Kolam Azolla

Sebagai salah satu pakan alami alternatif yang sangat direkomendasikan, kandungan protein pada tanaman azolla menjadi salah satu faktor utama yang perlu diperhatikan. Banyak sumber menuliskan bahwa jumlah kandungan protein dalam tanaman azolla mencapai 30%. Namun, sifat dasarnya sebagai pakan alternatif atau campuran, maka kandungan nutrisi pakan jenis lain tetap harus dilengkapi guna menunjang pertumbuhan ternak secara optimal.

Tanaman azolla semakin populer karena banyak peternak rumahan ataupun pecinta hewan ingin memanfaatkan jenis tanaman paku air ini sebagai salah satu jenis makanannya. Selain sebagai pilihan pakan yang berprotein tinggi, pengurangan biaya untuk pemberlian pakan juga bisa tercapai.

Berikut beberapa jenis hewan dengan pakan azolla, diantaranya; hewan kelinci, ayam, bebek, angsa, menthok dan berbagai jenis unggas lain, ikan, serta jenis hewan ruminansia juga bisa diberi pakan azolla.

Sebagai tambahan, pemberian pakan azolla kepada hewan ternak bisa dengan cara diberikan secara langsung ataupun dengan cara diolah terlebih dahulu. Kandungan air pada azolla fresh memang sangat tinggi sehingga proses pengeringan diperlukan untuk mengurangi kandungan airnya. Selain dengan cara dikurangi kandungan airnya atau bahkan dikeringkaan, mengolah azolla dengan proses fermentasi juga bisa dilakukan untuk mematikan segala organisme yang tak diperlukan serta meningkatkan nilai gizi dengan bantuan bakteri atau mikroba pengurai dalam proses fermentasi.

Jenis Ternak dengan Pakan Azolla Jenis Ternak dengan Pakan Azolla Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on May 31, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.