Pakan Yang Disukai Tekukur dan Puter


Sebagai pemula, memelihara jenis burung anggungan seperti misalnya burung perkutut, burung puter dan burung tekukur menjadi hal yang menarik untuk dikulik. Mereka adalah jenis burung yang bisa dinikmati berdasarkan fisiknya juga jenis suaranya. Meski terdengar sama, namun jenis suara dan power yang dihasilkan oleh satu dan burung anggungan lain memiliki keunikannya masing-masing. Hal itulah yang membuat jenis burung anggungan memiliki tempatnya sendiri dan tetap digemari hingga sepanjang waktu.

Burung tekukur dan puter bukan temasuk jenis burung yang bisa dilatih untuk mengeluarkan bunyi tertentu. jika secara genetik bagus, maka kemungkinan besar kemampuan itu akan menurun ke keturunan selanjutnya.

Lebih dalam tentang burung  puter dan tekukur, kedua burung ini memiliki keterikatan erat karena sebagian besar penyuka burung tekukur pasti memiliki burung puter. Meski terkadang hanya dipergunakan sebagai babuan (perawat piyik tekukur), namun tak banyak juga yang memelihara burung puter karena alasan variasi warna bulu serta suaranya (puter pelung) yang mampu mengalun panjang bak serigala yang melolong mencari kawanannya.

Hal itu juga berlaku bagi burung tekukur yang dipelihara karena suara serta variasi warna bulu yang beraneka macam. Mulai dari tekukur warna leopard, backspot, silver dan lain sebagainya menjadi daya tarik bagi penikmat burung tekukur.

Harga yang ditawarkan memang tak main-main untuk kedua jenis burung tadi. Intinya, ada rupa tentu saja ada harga yang harus dijangkau. Pada usia 8-12 bulan, rata-rata burung angungan sudah fasih untuk bersuara dan sudah mulai siap untuk dikembangbiakan.

Kembali ke pokok bahasan yaitu mengenai Pakan Yang Disukai Tekukur dan Puter, kedua burung ini adalah jenis pemakan biji-bijian yang ulung. Hal itu pula yang dilakukannya di alam liar untuk memakan berbagai jenis bijian hingga biji belimbing buah sekalipun.

Namun, ketika berhadapan dengan burung puter dan tekukur dalam kandang, berikut beberapa pakan yang bisa diberikan untuk pemenuhan nutrisi sekaligus menjaga kualittas suaranya.

Bijian Yang Disukai Tekukur dan Puter

  • Milet Merah
  • Milet Putih
  • Beras merah
  • Ketan Hitam
  • Voer 591 / voer gizi bukan penggemukan
  • Kacang Hijau


Pakan Pendamping Untuk Tekukur dan Puter

  • Batu Bata (bisa berupa potongan atau semi halus)
  • Pasir


Pemberian pakan bijian bisa lakukan secara campur dengan perbandingan 1:1. Hal itu berfungsi untuk memaksa atau membiasakan burung untuk memakan segala jenis bijian. Apalagi ketika burung puter atau tekukur yang kita rawat merupakan burung yang baru kita dapatkan dari ombyokan. Berbagai jenis bijian akan bermanfaat mengembalikan kondisi badan burung dengan berbagai nutrisi yang terdapat dalam biji-bijian.

Baca juga: Mengatasi Pakan Diacak-acak Puter dan Tekukur

Kemudian, untuk jenis pakan pendamping, hal itu diberikan untuk membantu kondisi pencernaan burung. Sama seperti di alam liar, burung tekukur dan puter ini tetap memakan pakan pendamping guna menjaga kondisi pencernaan mereka.
Pakan Yang Disukai Tekukur dan Puter Pakan Yang Disukai Tekukur dan Puter Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on June 01, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.