Sediakan Insektisida Saat Tanam Azolla


Ketika menanam azolla dan menemui kerusakan pada permukaan azolla, maka gunakan saja insektisida. Kerusakan bisa ditandai dengan menggulungnya daun azolla, bercak kecoklatan di beberapa titik permukaan azolla serta rusaknya daun azolla yang terlihat semakin banyak. 


Insektisida akan membasmi hama yang merusak permukaan azolla tanpa berbahaya ketika azolla dikonsumsi ternak. 


Entah pemula ataupun merupakan pelaku lama dalam menanam azolla, segera lakukan pembasmian ketika hama ulat sudah mulai berdatangan ke kolam azolla. Jika dibiarkan saja, maka hanya dalam beberapa hari saja azolla yang kita tanam akan habis tak bersisa. 


Hama ulat menjadi salah satu yang berbahaya karena bisa saja jumlah mulut yang perlu diberi makan lebih banyak dari pada jumlah azolla yang kita tanam. Oleh karena itu, tidak heran azolla dalam kolam bisa ludes hanya dalam waktu 1-2 malam saja. 


Penggunaan insektisida menjadi jalan keluar karena memang itu tugasnya untuk membasmi hama serangga. Dari mulai insektisida nabati (alami) hingga insektisida sintetis bisa dipilih. Tak perlu membandingkan inseksitisida yang satu dan lainnya sebelum mempraktekan kemampuannya dalam menangani serangga ulat pada tanaman azolla.


Jika memang hana tertarik pada yang alami (nabati) ya silahkan dicoba dan dilihat hasilnya. Namun, jika ingin yang lebih praktis ya tinggal cari yang sintetis di toko terdekat dari tempat kita tinggal.


Ada yang mengatakan bahwa insektisida sintetis akan berdampak buruk, apalagi ketika dikonsumsi ternak dna nantinya ternak akan kita konsumsi. Tidak usah terlalu jauh berfikir karena pada intinya insektisida diadakan untuk membasmi serangga dan bukan manusia.


Jika pemberian dengan dosis sangat rendah sudah bisa efektif menbunuh serangga, lalu kenapa harus boros dan menambahkan jumlah dosisnya?


Penggunaan beberapa tetes insektisida ke dalam air sudah bisa membunuh serangga. Dengan catatan, ketika insektisida yang bersifat kontak bisa disemprotan tepat ke sasaran, maka setiap semprotan yang dikeluarkan tak akan terbuang dengan sia-sia.



Pada intinya, untuk produk insektisida yang satu dengan lainnya pasti dosisnya pasti akan bebeda-beda. Oleh karena itu, melakukan percobaan atau mencatat penggunaan insektisida produk tertentu di setiap penyemprotan bisa sangat bermanfaat agar penggunaannya tidak berlebihan. Ketika sudah mampu mengatasi, maka dosis tersebut yang akan kita pergunakan untuk membasmi serangga sekaligus untuk tindakan preventif.


Melakukan tindakan preventif atau penyemprotan berkala bisa dilakukan setiap 2 minggu sekali pada bulan pertama dan cukup sekali seminggu pada bulan yang kedua. Penyemprotan berkala untuk setiap daerah pasti akan berbeda tenggat waktunya, kita tinggal sesuaikan dengan potensi seranggan serta jumlah hama yang ada di sekitar kolam azolla kita. 


Asalkan, hama sudah tak berani mendekat atau tanaman azolla terlihat aman-aman saja tanpa kerusakan, maka sudah waktunya mengurangi jumlah penyemprotan untuk setiap minggunya. 


Sediakan Insektisida Saat Tanam Azolla Sediakan Insektisida Saat Tanam Azolla Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on July 19, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.