Hal Mendasar Persiapan Ternak Anggungan


Sedang ingin beternak burung anggungan? Ternak burung perkutut, ternak burung tekukur atau ternak burung puter? Burung anggungan atau yang masih dalam famili Columbidae mudah di ternakan dengan beberapa persyaratan. Berikut yang perlu kita persiapkan. 


Stalah mendapatkan sepasang dari indukan yang diharapkan, maka sekarang saatnya untuk membiarkan mereka bereproduksi atau melanjutkan keturunan. Dari harga yang terbilang tinggi hingga bentuk visual yang menarik hati, mempersiapkan mereka berkembang biak di dalam sangkar ternak yang istimewa adalah kuncinya. Jika mereka nyaman berada di dalamnya, niscaya kegiatan reproduksi juga tak akan terhambat prosesnya.


Kandang / Sangkar

Anti Predator (tikus, kucing, garangan, dll)

Memilih sangkar ternak tidak bisa sembarangan. Apalagi ketika area hunian kita masih bisa dijangkau oleh salah satu hewan pengerat atau bahkan predator lain yang memiliki ukuran lebih besar seperti kucing, luwak, garangan,dll. 

 

Oleh karena itu, dalam memilih sangkar ternak sebaiknya sesuaikan dengan situasi dan kondisi. Sangkar kawat ram ataupun sangkar kotak besi bisa menjadi pilihan yang aman dalam beternak burung anggungan. 


Intensitas Sinar Matahari Cukup

Tak hanya untuk membuat sangkar tak terlalu lembab, kehadiran sinar matahari di area sangkar juga berdampak positif bagi kesehatan bulu. 


Penampung Kotoran Mudah dibersihkan

Namanya juga kotoran hewan, pasti ada saja aroma tak sedap yang dihasilkan. Apalagi ketika sudah menumpuk karena susah dibersihkan. Oleh karena, alas kotoran sebaiknya yang mudah dilepas dan dibersihkan supaya tak ada aroma bau kotoran yang seliweran mengganggu syahdunya suasana santai ditemani teh atau kopi lengkap dengan brownis panggang. 


Ukuran Sangkar Ternak

Ukuran tak wajib besar, terpenting burung bisa bentangkan sayap untuk peregangan. Tak perlu juga harus tinggi vertikal untuk menghemat lahan serta bahan kawat ram.


Tenggeran

Tak terlalu kecil dan tak terlalu besar. Asal kuku belakang tak menyentuh yang depan saat bertengger. Bentuk tenggeran sebainya bulat supaya burung nyaman bertengger dalam waktu yang ...lama. 


Cepuk

Buat yang anti pakan bececeran. Buat lubang dimulut cepuk cukup seukuran kepala burung. Hal itu bisa menanggulangi pakan bececeran ketika burung memilih pakan yang mereka cari. 


Sarang Bertelur

Dari bahan X apa saja bebas, asal bersih dan terbentuk dengan rapi.

Jika termasuk burung tak jinak, beri penutup di sekitar sarang agar kondisisekitar tak menggangu mereka saat mengeram. 


Pastikan agar mengganti sarang ketika bentuknya sudah tak layak (kotor). Jika ada kumbang kotoran dalam sarang, maka ada kemungkinan burung akan merusak telur yang baru saya dihasilkan. 


Tempat Minum 

Terpenting selalu ada air yang kondisinya bersih.


Asinan

Entah apa sebutannya, tapi intinya memberikan pasir, batu bata yang sudah digerus tak terlalu halus, dll untuk membantu pencernaan burung. Burung anggungan tak mengupas kulit bijian yang mereka makan, jadi keberadaan asinan dalam sangkar akan membantu perlancar pencernaan. 


Kalsium

Tulang sotong atau cangkang telur yang sudah dibuat lebih halus bisa menambah asupan kalsium untuk burung anggungan. Selain karena kondisi sarang yang kotor, resiko kekurangan kalsium bisa saja membuat burung cenderung merusak telur yang dihasilkan.


Jenis Pakan

Bisa dari beragam jenis biji-bijian. Mulai dari jagung, beras merah, beras hitam, beras putih, biji gandum, kacang hijau, kacang kedelai, milet, dll. Variasi bijian akan memberikan dampak positif bagi performa fisik si burung. Rajin manggung hingga kondisi yang selalu produktif sebagai salah satu hasil positifnya.


Beternak jenis burung anggungan memang tak terlalu sulit ketika dipraktikan. Hanya saja, ketika ada hal yang membuat burung tak nyaman atau tak kerasan di dalam sangkar, maka dampaknya bisa menyerang mental serta fisik burung. Sebagai akibatnya burung menjadi kurang produktif, jarang bunyi ataupun bereproduksi. 

Hal Mendasar Persiapan Ternak Anggungan Hal Mendasar Persiapan Ternak Anggungan Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on July 17, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.