Kandang Memanjang untuk Ternak Burung Anggungan


Jika dibanding menggunakan jenis kandang dengan bentuk meninggi, maka bentuk memanjang horizontal lebih direkomendasikan. Lalu apa fungsi dan kegunaan bentuk kandang tadi?


Burung anggungan berbeda dengan jenis burung ocehan. Suaranya yang cenderung lebih santai menjadi daya tarik bagi para penikmat jenis burung ini. Seperti suara burung puter, tekukur, puter, diamond dove, dlimukan dan masih banyak jenis burung anggungan yang juga masuk ke dalam famili Columbidae.


Burung anggungan merupakan pemakan biji-bijian. Mulai dari beras merah, milet, kacang hijau serta bijian lainnya yang tersedia di alam. 


Baca juga: Pakan Yang Disukai Tekukur dan Puter


Membahas tentang burung anggungan, tentu saja tidak jauh dari cara beternaknya. Apa saja yan diperlukan agar sepasang burung anggungan bisa rajin menghasilkan telur fertil serta mampu merawat piyiknya dengan baik tentu yang diharapkan bagi breeder.


Fungsi dan Kegunaan Bentuk Kandang


Sebagai burung anggungan untuk tujuan hiasan di teras serta dijadikan teman ketika bersantai sambil ngeteh ataupun minum kopi santai, maka kandang gantung bisa menjadi pilihan. Berbagai estetika bentuk, bahan serta harga yang ditawarkan pasti akan beragam. Kita tinggal sesuaikan dengan selera, budget serta ukuran dari burung anggungan.


Kemudian, ketika melihat fungsi kandang sebagai tempat beternak, maka ukuran dan jenis bahan yang aman menjadi prioritas. Ukuran untuk tujuan kenyamanan burung ketika beraktifitas, sedangkan jenis bahan ditujukan untuk keamanan burung dari predator yang akan selalu siap untuk memangsa. 


Jenis burung anggungan seperti; puter, tekukur, perkutut, dll tidak membutuhkan space atau area untuk atraksi melompat-lompat dalam kandang. Mereka juga tidak memiliki kebiasaan untuk bergelantungan di sisi samping sangkar.


Jadi, untuk kandang ternak burung anggungan yang dibutuhkan hanya ruang menyamping (horizontal) untuk peregangan atau untuk mengepakan sayapnya. Hal itu dilakukan sebagai cara meminimalkan area serta membiasakan burung agar tidak terlalu giras atau berkepribadian seperti kuda lumping. Namun, dengan kondisi kandang yang minim, kebersihan kandang juga harus selalu diperhatikan atau harus rutin dalam membersihkan penampungan kotorannya. 


Kondisi kandang ternak yang berukuran minim serta tidak dalam kondisi bersih cenderung akan menimbulkan berbagai permasalahan berkenaan dengan produktifitas serta kesehatan dari burung yang diternakan.


Memilih Kandang Ternak


Berbagai kandang ternak banyak tersedia di toko burung ataupun market place online. Kandang kotak besi menjadi salah satunya yang menyediakan berbagai ukuran serta bisa diaplikasikan untuk beternak burung anggungan. Mulai dari ukuran medium (50x30), large (60x40) dan jumbo (75x90) menjadi pilihan yang cocok untuk mulai beternak.



Rata-rata kandang kotak yang tersebut diatas memiliki ketinggian yang tidak seberapa. Sebagai contoh kandang kotak ukuran L (60x40x40) akan sama dengan ukuran kandang gantung A1.


Jika ingin membuat kandang menggunakan kawat ram kotak-kotak, hal itu juga bisa dilakukan. Harganya pun akan jauh lebih murah jika dibandingakan dengan jenis kandang ternak kotak besi jenis lipat yang harganya sekitar 100ribuan /pcs. 


Yang terpenting adalah keamanan dari kandangnya, jangan sampai ada celah sekecil apapun untuk tikus bisa masuk dan memangsa burung dalam sangkar ternak. Hal itu sering terjadi ketika kita lengah memberi sedikit celah meski kandang terbuat dari besi. Apalagi ketika kandang ternak terbuat dari jeruji bambu, waspada dan harus siap kecewa ketika tiba-tiba dalam satu malam anakan burung mati dikoyak oleh binatang pengerat  (tikus).


Kandang Memanjang untuk Ternak Burung Anggungan Kandang Memanjang untuk Ternak Burung Anggungan Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on July 03, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.