Kenapa Kolam Azolla Terdominasi Lemna Minor


Pada awalnya azolla yang ditanam, namun secara berkala berubah jadi lemna minor atau mata lele. Apa penyebabnya? 


Azolla yang memiliki ciri fisik menyerupai daun cemara kipas memang sudah banyak dijual secara online. Harganya bermacam-macam dan pasti akan ada perbedaan untuk regional yang satu dengan lainnya.


Semakin maraknya tanaman paku air azolla, semakin dikenal dan familiar pula tanaman ini dengan orang banyak. Mereka sudah mulai memahami seperti apa bentuk azolla dan teksturnya ketika dipegang. 


Beberapa orang ada yang merasa bingung dan kesulitan tentang menemukan cara yang terbaik untuk merawat azolla. Mereka menginginkan tanaman azolla yang mampu tumbuh subur dan gemuk-gemuk. Namun, azolla yang mereka tanam hasil tumbuhnya justru tidak memuaskan, cenderung tumbuh lambat. Tak jarang pula, kondisi tanaman azolla terlihat semakin kurus dan mulai digantikan oleh munculnya tanaman kecil lain diantara gerombolan azolla dalam kolam.



Tanaman lemna minor atau mata lele ini sering kali tumbuh menggantikan azolla. Entah disebabkan oleh hama atau faktor lainnnya, pada kenyataannya keberadaan azolla hilang. Berikut beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab muncul atau tumbuhnya lemna minor dan menggeser keberadaan azolla di dalam kolam:


Kurang pupuk,

Kurangnya kandungan nutrisi di dalam kolam bisa menjadi penyebab menurunnya kemampuan tumbuh azolla. Azolla tetap butuh makan dari pupuk yang diberikan, namun lama kelamaan jumlah pupuk di dalam kolam juga akan habis. Oleh karena itu, untuk menjaga kandungan nutrisi di dalam kolam perlu dilakukan pemupukan secara berkala. 


Kurang sinar matahari,

Intensitas tertentu bagi azolla sangat dibutuhkan. Sinar matahari akan dipergunakan sebagai sarana fotosintesi bagi tanaman azolla. Segera periksa dan perbaiki jika memang kondisi permukaan kolam tidak mendapat cukup sinar matahari di waktu siang hari.


Kondisi air tidak mendukung, 

Meski azolla dikenal mudah tumbuh, namun bukan berarti tanaman ini bisa tumbuh disegala kondisi.   Berbeda dengan tanaman lemna minor akan tetap tumbuh meski kondisi airnya minim nutrisi. Selain itu, tanaman lemna minor juga lebih sulit dihinggapi hama ulat seperti yang terjadi pada tanaman azolla. Akar lemna minor juga tidak disukai hama ataupun tidak dirusak oleh penghuni air seperti ikan kecil kecebong atau organisme lainnya. 


Azolla dan lemna minor secara umum tidak bisa ditempatkan pada kolam yang sama. Mereka memiliki karakter yang berbeda. Lemna tak butuh terlalu banyak sinar matahari dan pupuk, sedangkan azolla butuh matahari dan pupuk supaya bisa tumbuh dengan cepat. 


Dominasi pertumbuhan lemna minor pada kolam azolla biasanya disebabkan oleh kondisi air kolam yang kurang mendukung. Entah karena kekurangan pupuk atau karena terdapat hama di dalam kolam yang menjadi penyebab azolla dikalahkan oleh banyaknya pertumbuhan lemna minor. 


Jadi jangan heran jika jumlah lemna minor semakin lama semakin banyak dan akhirnya menggantikan azolla yang semula dipersiapkan menjadi tanaman satu-satunya di dalam kolam. 



Kenapa Kolam Azolla Terdominasi Lemna Minor Kenapa Kolam Azolla Terdominasi Lemna Minor Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on July 14, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.