Merawat Bayi Kelinci Sehat Semua


Indukan kelinci bisa melahirkan dengan jumlah 4 hingga 8 ekor bayi, bahkan bisa lebih. Secara visual, semakin buncit bentuk perut indukan kelinci yang sedang bunting, maka jumlah bayi yang akan dilahirkan bisa jadi semakin banyak. 


Lalu bagaimana cara merawat bayi kelinci yang baru lahir? 



Hidup atau matinya bayi kelinci tergantung pada produksi susu induknya. Semakin lancar susu induk kelinci diproduksi, maka semakin besar pula kesempatan hidup bagi semua bayi-bayi yang dilahirkannya. 


Anak kelinci dari umur 0 hingga 40hari hanya membutuhkan air susu induknya untuk tumbuh optimal. Oleh karena itu, banyaknya kasus mortalitas bayi kelinci secara umum disebabkan oleh proses menyusui. Entah si induk tak mampu menghasilkan air susu sebanyak jumlah anak yang dilahirkannya atau justru susu induknya sama sekali tak mau keluar menjadi awal terjadinya mortalitas. 


Bayi kelinci tak makan, lalu lemas, tak bisa mempertahankan suhu tubuh, lalu mati. Air susu yang diminum bayi kelinci menjadi asupan nutrisi sekaligus secara otomatis menjaga suhu tubuhnya tetap hangat. 


Lalu bagaimana jika kondisinya si induk kelinci tak mau menyusui bayi-bayinya?


Stres? Asupan nutrisi yang induknya makan kurang? Atau karena permasalaha lain? Jika penyebabnya stres, baru dipindah kandang atau terganggu dengan kondisi lingkungan atau ada predator, maka segera isolasi kandang supaya induk merasa lebih nyaman. 


Namun, ketika asupan makanan induknya yang menjadi penyebab produksi susu kurang atau bahkan tak mau menyusui, maka sebaiknya perbaiki asupan gizinya. Memenuhi asupan gizi induknya sebaik-baiknya dilakukan ketika kondisinya masih bunting. Jika memang bisa ditolong dengan asupan nutrisi ketika induk sedang menyusui ya brarti ada keberuntungan di sana. 


Kita bisa coba membantu menyusui bayi-bayi kelinci dengan cara di spet manual. Menggunakan spet yang ujungnya diberi pentil roda sepeda bisa dilakukan atau coba mencari di petshop. Untuk jenis susu yang diberikan tidak bisa sembarangan. Berikan jenis susu yang non-laktosa (tanpa kandungan gula alami). Jika diberikan sembarang jenis susu, maka perut bayi kelinci akan segera merespon dengan kondisinya perutnya yang kembung dan tak lama akan segera mati. 


Pemberian susu kaleng bear brand, susu kambing atau susu kucing yang sudah tersedia di petshop bisa dilakukan. Lakukan proses menyusui sampai setidaknya bayi kelinci mencapai umur 40-60 hari sembari menunggu bayi-bayi kelinci sudah bisa belajar makan secara mandiri. 



Merawat Bayi Kelinci Sehat Semua Merawat Bayi Kelinci Sehat Semua Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on July 23, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.