Seperti Apa Kondisi Kandang Bersih Bagi Kelinci


Bukan soal repetisi berapa kali kita membersihkan kandang kelinci dalam sehari, namun lebih pada mengkondisikan kotoran serta urinnya tidak terinjak lagi oleh kaki kelinci. Di alam liar, kelinci tidak bermain dengan urine yang telah mereka keluarkan. Oleh karena itu, ketika di domestikasi atau dirawat menjadi kelinci rumahan sebaiknya hindarkan urine mengenai kulit kelinci.


Berikut beberapa point sebagai penjabaran tentang mengkondisikan kandang kelinci yang bersih. Kenali secara lebih detail tentang bagaimana parasit bisa datang dan mengganggu kesehatan kelinci yang kita rawat.


Suhu Udara Membuat Urin Menguap Ke Udara, 

Kemana jatuhnya urin kelinci setiap kali dikeluarkan? Apakah langsung terserap ketanah? Atau justru percikannya menyebar ke segala sisi karena alas kandang terbuat dari semen atau bahan solid lainnya dan bukan tanah kering yang mampu mengalirkan urin langsung ke dasar bumi.


Tentang kondisi matahari dan kandang, jika memang kandang kelinci terkena sinar matahari maka pastikan tak ada sedikitpun celah bagi sisa urin menguap dan mengenai kulit kelinci. 


Design Kandang,

Kandang kelinci tak perlu harus mahal. Yang terpenting aman dari predator dan mampu mengalirkan urin jauh-jauh dari pijakan alas kaki kelinci. Menempatkan kandang juga sebaiknya diletakan pada area yang terdapat naungan dari panas ataupun hujan. Lagi-lagi, ini tentang urine yang harus selalu dijauhkan dari kandang kelinci. Apalagi ketika urin masih tertinggal dikandang atau sekitaran kandang dan akhirnya menguap ketika terkena panas matahari. 


Buat gubug kecil jika diperlukan, hal itu dilakukan untuk melindungi kandang dari panas serta menghindarkan tampias air hujan membasahi area bawah kandang. Jika bawah kandang langsung tanah kering, maka kita hanya perlu membersihkan kotoran padat beberapa kali dalam seminggu. 


Membuat jalur penampungan urin hingga tertampung ke dalam jerigen juga bisa menjaga kondisi kandang tetap bersih. Tertampung dan tak menguap kemana mana ketika siang adalah termasuk dalam menjaga kondisi kandang kelinci tetap bersih. 


Tak perlu membersihkan kandang hingga menyemprot seluruh bagian pijakan kaki kelinci hingga membuat kaki mereka basah. Biarkan kaki mereka tetap dalam kondisi kering 





Sirkulasi Udara,

Jika kandang ditempatkan di dalam gubug, maka sirkulasi udara juga diperlukan. Urine kelinci mengandung tinggi amoniak yang tak akan baik bagi makluk hidup yang masih membutuhkan oksigen untuk bernafas.                                


Kandang Bersih: Ada Penampungan Urine atau Urin Langsung Jatuh Meresap ke Tanah - Panas Matahari Tidak Menguapkan Urin Ke Area Kandang - Rutin Dibersihkan


Kondisi kandang yang selalu dibersihkan bukan jaminan bahwa kita memiliki kandang yang bebas dari parasit. Sebagai contoh, urine akan diproduksi secara terus menerus jika tidak selalu masuk ke tempat penampungan atau justru percikannya menyebar ke segala sisi sekitar kandang, maka hal itu berpotensi mengundang penyakit kulit. 


Tidak percaya, coba perhatikan ke mana larinya percikan urin-urin kelinci kita. Perhatikan pula penyakit apa yang akan terus muncul meski kelinci sudah diobati. Salah satunya adalah penyakit scabies yang akan menjadi pelanggan tetap mendiami kandang serta bagian kulit kelinci. Akan tetapi, jika menyembuhkan penyakit yang sama berulang-ulang menjadi salah satu hobi kita, maka memperbaiki kondisi kandang yang sekarang tak perlu dilakukan. 


Seperti Apa Kondisi Kandang Bersih Bagi Kelinci Seperti Apa Kondisi Kandang Bersih Bagi Kelinci Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on August 11, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.