Cara Tanam Azolla Tanpa Jadi Sarang Nyamuk


Penggunaan air yang notabene tempat berkembang biak jentik nyamuk ternyata juga sebagai media untuk bertanam azolla. Hal itu menjadi perhatian bagi banyak orang yang ingin atau sedang mencoba menanam azolla. Sebagai tempat bertelur serta berkembangnya jentik-jentik nyamuk menjadi bagian yang digaris bawahi danmenjadi fokus perhatian. 


Lalu bagaimana mencegah dan mengatasi jentik nyamuk pada media tumbuh azolla? 




Azolla yang merupakan tanaman berhabitat di sawah serta rawa-rawa berarus tenang ternyata bisa didomestikasi dan ditanam dalam nampan ataupun kolam. Tak perlu tempat yang besar menyerupai sawah ataupun rawa, kebutuhan nutrisi serta ketersedian intensitas cahaya menjadi yang paling utama ketika ingin melihat tanaman azolla kita tumbuh dengan optimal.


Baca juga: Menanam Azolla tidak Serumit yang Dibayangkan


Mengenai ketakutan awam terhadap gangguan jentik nyamuk pada media tanam azolla, hal itu sebaiknya tidak terlalu dipikirkan. Dua informasi penting yang perlu diketahui adalah, bahwa jentik nyamuk merupakan makanan favorit bagi ikan cupang. Kemudian, informasi yang kedua adalahjentik nyamuk butuh oksigen yang cukup agar bisa hidup di dalam air. 


Setelah mengetahui kedua fakta mengenai jentik nyamuk, maka permasalah tentang jentik nyamuk merupakan salah satu hal yang paling sepele ketika berkenaan dengan bertanam azolla. Berikut penjelasan detailnya mengenai jentik nyamuk dan azolla;


Jentik Nyamuk Makanan Favorit Cupang

Jika memang terdapat jentik nyamuk pada nampan atau ember yang dipergunakan untuk bertanam azolla, maka jalan paling mudah adalah dengan meletakan satu ekor atau sepasang cupang. Ikan cupang akan berperan sebagai predator jentik setiap kali ada telur nyamuk yang mulai menetas. 


Jetik Nyamuk Butuh Banyak Oksigen Di Air

Azolla yang sudah tumbuh lebat pada permukaan air kolam tidak akan didatangi nyamuk. Nyamuk juga akan berfikir dua kali ketika hendak bertelur di kolam azolla. Namun, ketika tak yakin tentang kondisi tersebut, maka pemberian ikan cupang atau jenis ikan lain yang tidak termasuk herbivora bisa dilakukan.


Bertanam azolla sebenarnya akan jauh dari jentik nyamuk, yang lebih ditakutkan adalah jenis hama akan siap sedia mengganggu percepatan tumbuh azolla. Sebagai contoh, hama keong yang siap memakan akar dan daun azolla, kemudian hama ulat yang juga akan memakan daun azolla. Tak hanya itu, hama kecebong juga menjadi salah satu jajaran hama yang mampu menghabisakan azolla seisi kolam. 


Jadi, ketika hendak mengenal azolla, sebaiknya persiapkan Amunisi Komplit Ketika Bertanam Azolla. Jangan sampai ketika permasalahnya sudah muncul dan sudah terlanjur parah baru sadar dan mencari cara penyelesaianya. 


Tindakan preventif akan sangat bermanfaat serta menghindarkan kita dari rasa kecewa akibat tanaman azolla sekolam habis dalam semalam akibat diserang hama istimewa. Sudah banyak yang bertanam azolla, kita tinggal membaca dan mempraktekan empiris yang positif dan tak perlu mengulangi kesalahan yang orang-orang telah lakukan. 

Cara Tanam Azolla Tanpa Jadi Sarang Nyamuk Cara Tanam Azolla Tanpa Jadi Sarang Nyamuk Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on August 10, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.