Tips Trick Stek Mulberry tanpa ZPT


Tanaman murbei atau mulberry atau Morus nigra mulberry merupakan salah satu tanaman buah yang mudah dibudidayakan dengan cara vegetatif. Yaitu dengan stek batang atau mengambil bagian dari tanaman induk yang sudah jelas berkualitas lalu melipat gandakannya.

Stek tanaman mulberry sebaiknya dilakukan secara besar, artinya dengan cara memangkas penuh tanaman ini. Fungsinya adalah agar tanaman mulberry sehat kembali atau menyingkirkan segala macam hama yang menempel pada batang ataupun daunnya. Jadi, ketika kita ingin melakukan stek, sebaiknya kita lakukan juga prunning atau pemangkasan seluruh batang dan menyingkirkan juga semua daun yang tersisa di pohonnya.


Sebagai hasilnya, dalam 3 hari hingga satu minggu kita langsung dapat melihat banyak daun baru tumbuh disertai dengan buah mulberry yang juga banyak bermunculan. Secara metode, melakukan stek yang juga bagian dari prunning atau pemangkasan termasuk mengembalikan kondisi tanaman induk menjadi kembali produktif.

Setelah mengerti cara dan fungsi memangkas tanaman induk mulberry, berikut cara memanfaatkan batang mulberry yang telah dipangkas sebagai bahan stek;



Baca juga artikel lain tentang mulberry dan cara stek:

Ciri dan Cara Merawat Tanaman Mulberry

Supaya Tanaman Mulberry Rajin Berbuah



Alat dan Bahan yang perlu dipersiapkan untuk melakukan stek tanpa ZPT:


  1. Pisau tajam dan steril
  2. Pengganti ZPT gunakan rebusan aloevera 
  3. Media tanam gunakan yang sehat atau bisa dengan pasir sungai
  4. Green house plastik atau sungkup plastik


Tahap- tahap dalam melakukan stek:


  1. Rapikan batang stek dengan pisau tajam dan steril. Potong dengan teknik sekali jadi untuk kurangi luka memar pada batang.
  2. Bersihkan batang dari hama atau debu yang berpotensi menimbulkan jamur saat proses tanam.
  3. Setelah dibersihkan, rendam batang stek pada rebusan aloevera sebagai pengganti larutan anti jamur. Berikan waktu 15 menit sampai 1 jam lalu bungkus atau letakan dalam plastik jika ingin menunda proses tanam.
  4. Jika menggunakan media tanam pasir sungai, letakan pasir ke dalam polybag, basahi seluruh tanah lalu tancapkan batang stek dengan hati hati. 
  5. Simpan atau letakan stek mulberry pada green house
  6. Jika kondisi suhu hangat dalam green house sesuai, maka dalam satu minggu daun baru akan segera muncul serta diikuti tumbuhnya akar pada batang stek. Dalam satu bulan stek batang sudah bisa dipindahkan dari green house ke lokasi teduh untuk proses penyesuaian terhadap suhu lingkungan. 
Tips Trick Stek Mulberry tanpa ZPT Tips Trick Stek Mulberry tanpa ZPT Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on October 23, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.