Baca ini Jika Kesulitan Melakukan Stek Sirih


Kabar burung mengatakan jika mengembangbiakkan tanaman dengan nama ilmiah Piper ornatum atau sirih merah termasuk sulit untuk dilakukan. Namun kabar itu tidak lah sepenuhnya benar.


Sirih termasuk tanaman yang memiliki ruas serta akan mengeluaran bakal akar hampir diseluruh bagian ruasnya. Hal itu bisa dijadikan salah satu indikator bahwa tanaman sirih termasuk yang bisa diperbanyak dengan cara stek batang.

Kita pasti pernah sesekali mendengar bahwa untuk memperbanyak sirih merah bukanlah hal yang mudah. Pendapat  tersebut menggambarkan seolah olah perbanyakan tanaman dengan nama ilmiah Piper betle L. atau sirih hijau dengan metode stek akan lebih mudah untuk dilakukan.

Jika dilihat dari karakter keduanya, memang ada perbedaan lingkungan hidup yang cocok dan tidak direkomendasian untuk tanaman sirih hijau dan sirih merah. Sirih merah lebih menyukai tempat teduh sedangkan sirih hijau tidak akan terlalu bermaslah dengan kondisi matahari. Dengan diletakan pada kondisi lingkungan yang teduh dan tidak terlalu lembab perakarannya, maka tanaman sirih merah akan tumbuh dengan subur. Batangnya akan tumbuh besar tidak kurus seukuran tusuk sate serta daunnya berukuran besar dan berwarna merah pekat pada balik daunnya. Hal itu akan berbeda jika memperlakukan sirih hijau pada tempat yang teduh serupa dengan lingkunan hidup sirih merah. Tanaman sirih hijau yang hidup dilingkungan teduh cenderung kurang subur, serta besar potensi untuk diserang oleh kutu daun. Oleh karen itu, jika kita ingin menanam kedua jenis sirih tersebut agar kondisinya tumbuh subur, maka kondisi lingkungan hidup kedunya perlu kita sesuaikan.

Untuk melakukan stek tanaman sirih bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Namun jika sudah pernah mencoba atau bahkan sudah beberapa kali melakukan stek sirih dengan berujung kegagalan maka perlu mencoba untuk mengerti tentang beberapa hal, antara lain;


  1. Persiapkan alat potong (gunting atau pisau yang tajam serta dalan kondisi yag steril
  2. Pilih pucuk yang dormant
  3. Gunakan media tanam yang sesuai
  4. Gunakan sungkup atau green house untuk masa pemulihan dan pertumbuhan tanaman stek


Tahap dan langkah melakukan stek tanaman sirih;


  1. Pilih batang atau bagian pucuk tanaman sirih. Jika memilih stek pucuk maka pilih yang sedang dorman atau tidak terdapat daun muda. Dengan panjang kurang lebih 15cm. Hindari memilih batang yang kondisinya tidak sehat, daun keriting atau terdapat kutu putih pada sela-sela  batang atau daunnya.
  2. Gunakan alat potong yang tajam serta steril. Jangan gunakan pisau yang krang steril atau bahkan yang berkarat 
  3. Bersihkan dengan air untuk memastikan bahwa kondisi batang sehat dan layak untuk ditanam
  4. Persiapkan media tanam
  5. Tancapkan stek pada media tanam, jika diperlukan melubangi media tanam dengan stik untuk hindari luka pada ujung batang stek ketika ditancakan. 
  6. Beri sungkup atau letakan pada green house selama proses tumbuh tanaman stek berlangsung. Kondisikan agar suhu hangat dalam green house tetap konstan.


Jika stek berjamur, daun rontok serta batang menjadi kecoklatan dan mati, hal itu bisa disebabkan pada kondisi suhu hangat green house yang tidak stabil. Selain itu penggunaan alat - alat potong yang tidak steril juga bisa menjadi saah satu penyebab gagalnya proses stek sirih.
Baca ini Jika Kesulitan Melakukan Stek Sirih Baca ini Jika Kesulitan Melakukan Stek Sirih Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on November 04, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.