Cara membuat Bibit Sirsak Kaki Ganda


Buah sirsak merupakan salah satu buah tropis yang mudah kita temui. Ketika tidak bisa ditemui di penjual buah pinggir jalan, kita bisa coba cari di pasar tradisional dan kemungkinan besar bakal kita jumpai buah sirsak di sana.

Memiliki rasa manis bercampur masam, buah sirsak memiliki daging yang lembut berwarna putih serta terdapat banyak sekali biji di dalamnya. Dari bebijian itulah tanaman sirsak dikembangbiak.

Dengan menanam biji dari buah sirsak, antinya tanaman itu bakal bisa kita manfaatkan sebagai rootstock. Kita bisa pilih metode sambung pucuk atau bahkan kombinasi akar ganda untuk menambah nilai estetika pada tanaman sirsak.

Untuk melakukan sambung pucuk tanaman sirsak, kita hanya perlu mengikuti teknik dasar melakukan sambung pucuk pada tanaman buah. Misal; memilih rootstock yang sehat, memilih pucuk dormant, mengkondisikan suhu saat proses berlangsung, dll. Beberapa hal tesebut akan tetap sama jika diterapkan pada sambung pucuk tanaman sirsak.


Berbeda dengan perbanyakan tanaman sirsak dengan metode sambung pucuk. Penerapan akar ganda pada tanaman sirsak dilakukan dengan tujuan selain mendapatkan tanaman yang memiliki akar tunggang serta waktu tunggu tanaman mampu berbuah yang dipersingkat, ada juga penambahan unsur estetika yang dihadirkan. Pernerapan kaki ganda atau multi rootstock bukanlah hal yang baru untuk dilakukan. Teknik ini juga sangat mungkin untuk dipikirkan oleh siapapun para pecinta atau pelaku teknik sambung pucuk pada tanaman buah yang juga memiliki sense of art seperti Axel Erlandson yang senang mendesain bentuk tanaman.

Cara membuat Bibit Sirsak Kaki Ganda muda saj auntuk dilakukan. Secara garis besar, yang dilakukan pada aplikasi akar ganda dan sambung pucuk adalah dua hal yang sama yaitu melakukan penyatuan dua batang atau lebih supaya nantinya menyatu dalam satu batang. Keduanya sama- sama dilakukan dengan cara meyisipkan batang yang satu ke bagian batang lainnya lalu diikat dan dalam kurun waktu tertentu batang akan menyatu. Berikut alat dan bahan yang perlu dipersiapkan untuk melakukan sambung kaki ganda tanaman sirsak;

Pisau steril dan tajam
Gunting batang
Plastik es mambo / plastik PE / tali Rafia / plastik wrapper untuk mengikat hasil sambungan
Sungkup atau plastik green house

Berikut langkah langkah melakukan sambung kaki ganda tanaman sirsak;

Pilih rootstock yang akan digunakan. Rootstock bisa dipilih berdasarkan jenis yang sama atau yang masih tergolong dalam family yang sama.
Kondisi rootstock semestinya harus seukuran atau sesuaikan dengan imajinasi bentuk yang kita inginkan.
Kita bisa tempatkan satu batang di tengah sebagai batang utama atau kesemuanya berada diposisi tepi atau berkeliling.
Proses penyambungan dilakukan dengan cara menyayat masing- masing batang kemudian menempelkan bekas sayatan atau lapisan atau jaringan kambiumnya. Lebar sayatan antara 1 -2cm atau menyesuaikan kondisi batang.
Setelah tertempel, lalu ikat menggunakan tali yang telah dipersiapkan tadi. Ikat dengan rapat agar jaringan kambium saling bertemu untuk kemudian membentuk kalus atau jaringan kulit baru.
Dalam waktu kurang lebih satu bulan proses sambung kaki ganda sudah mulai terlihat. Jika tali pengikatnya cukup elastis maka jaringan kulit baru akan tetap tumbuh tanpa terganggu.
Jika kondisi batang justru membusuk, kita bisa ulang proses awal dengan lebih memperhatikan alat- alat yang dipilih dan dipergunakan.


Sebagai tambahan, akar ganda berfungsi sebagai batang cadangan jika nantinya batang utama terserang hama atau virus. Lalu, melakukan sambung kaki ganda pada tanaman juga bertujuan agar akar tanaman mampu mencari dan menyediakan serta membantu proses penyerapan nutrisi  dalam tanah yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh ataupun menghasilkan buah. Dengan cara ini, maka percepatan tumbuh akan tercapai guna semakin menyingkat “waktu tunggu” sebelum nantinya postur tanaman siap untuk menghasilkan buah.

Cara membuat Bibit Sirsak Kaki Ganda Cara membuat Bibit Sirsak Kaki Ganda Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on November 05, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.