Media Tanam Paling Mudah untuk Stek


Stek atau cutting merupakan salah satu metode yang akan terus populer dan familiar untuk dilakukan. Perbanyakan atau budidaya tanaman dengan stek tergolong lebih cepat dibanding melakukan metode vegetative lain seperti contohnya cangkok. Mungkin salah satu faktor tersebut yang membuat metode stek terus ada dan digunakan oleh pelaku botani profesional atau yang sekedar penghobi tanaman.



Mulai dari tanaman sayur hingga tanaman buah yang berada dekat dengan lingkungan kita, metode stek pada kenyataannya bisa diapliaksikan ke bermacam jenis tanaman. Selain itu, sebagian besar tata cara dan alat yang dipergunakan untuk menghasilkan tanaman stek adalah sama. Membahas tentang alat, bahan dan tata cara atau langkah langkah melakukan stek, ada satu hal yang sangat penting yaitu tentang memilih Media Tanam Paling Mudah untuk Stek.

Media stek menjadi salah satu hal yang perlu menjadi perhatian khusus karena dari situ menjadi salah satu penentu hidup ataupun gagalnya proses stek yang dilakukan. Ada dua jenis media tanam yang sangat aman untuk melakukan stek yaitu media tanam sekam bakar dan media tanam pasir sungai.


Baca juga artikel lain tentang tanaman yang bisa di stek;


Stek daun Tanaman Lidah Mertua

Cara Stek Tanaman Melati Jasmine

Stek Bambu Kuning Berhasil

Begini cara Stek Pucuk Bunga Telang

Tips Stek Pucuk Tanaman Dewandaru Supaya Berhasil

Tips Trick Stek Murbei / Mulberry Tanpa ZPT

Stek Pucuk Karet Kebo Ficus Elastica Lebih Mudah

Stek Jambu Air Tanpa Perangsang Akar Cepat Tumbuh

Stek Bunga Mawar Tanpa Perangsang Akar



Media Sekam Bakar


Media sekam bakar dipilih karena kondisinya jauh lebih baik dibanding dengan sekam mentah. Dengan memilih sekam bakar sebagai media tanam stek, maka batang stek yang ditanam akan terhindar dari bibit jamur. Penjelasanya cukup simple yaitu karena kondisi sekam padi yang sudah dibakar bukanlah tempat untuk jamur hidup. Karena bentuk dari buliran sekam mampu menyimpan banyak air, jika menggunakan media tanam ini harus didukung dengan kondisi suhu hangat green house yang juga cukup hangat. Jika suhu hangatnya cukup serta terjadi secara konstan, maka pertumbuhan batang stek juga semakin cepat.

Media Pasir Sungai


Yang kedua yaitu media tanam pasir sungai. Media ini merupakan media paling mudah didapat. Kita bisa saja membeli per karung di toko bangunan. Selain mudah untuk didapatkan dari toko bangunan, media tanam pasir juga mudah untuk diaplikasikan dalam kondisi basah penuh air. Kita tinggal menancapkan batang stek dan menunggu air yang kita siram tadi tirs dengan sendirinya. Sifat dasar pasir yan9g tidak menyimpan air dalam waktu lama memerlukan perhatian khusus. Kita perlu memeriksa berapa lama kondisi pasir mampu menyimpan cadangan air sebelum dilakukan tahap penyiraman untk tahap selanjutnya. Meski tidak handal dalam menyerap air, media tanam pasir sungai juga termasuk yang jauh dari bibit jamur. Jadi, kita tidak perlu kawatir batang stek yang sedang kita usahakan tumbuh akan diserang jamur. Namun, kondisi suhu hangat yang tersedia haruslah cukup dan juga harus konstan agar pertumbuhan batang stek tidak terhambat atau malah kedinginan dan akhirnya berjamur atau gagal tumbuh.

Meski telah mengetahui tips memilih Media Tanam Paling Mudah untuk Stek yang akan mempermudah proses budidaya tanaman dengan cara stek. Ada pula beberapa hal lain yang perlu untuk kita ketahui agar usaha perbanyakan tanaman stek yang kita lakukan semakin dimudahkan.  Berikut beberapa artikel untuk tambahan informasi mengenai metode tanam stek:

Stek Menggunakan Sungkup vs Green House

Pengertian Stek dan Cara Stek Tanaman

Stek Batang Gunakan Rebusan Aloevera Lidah Buaya

Pentingnya Melakukan Stek Saat Dormansi
Media Tanam Paling Mudah untuk Stek Media Tanam Paling Mudah untuk Stek Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on November 03, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.