Jenis Tanaman dalam Family Annonaceae


Terdiri dari tanaman yang dimanfaatkan produksi bungan, kayu hingga hasil buahnya, jenis tanaman dalam family annonaceae banyak terdapat di daerah beriklim tropis seperti contohnya Indonesia.

Salah satu kegunaan mengetahui asal suku atau famili tanaman adalah untuk tujuan pembudidayaan vegetative. Pembudidayaan vegetative ini bisa menggunakan metode sambung pucuk, okulasi atau metode pembuatan kaki ganda pada tanaman. Jadi dengan pengetahuan tentang suku atau famili tanaman, kita akan dengan mudah menentukan tanaman mana yang bisa disatukan meski mereka berbeda spesies namun masih berada dalam satu family yang sama.

Sebagai contoh;
Jika kita ingin melakukan sambung pucuk antara bunga kenanga dan tanaman sirsak, hal itu bisa saja dilakukan. Sebagai tambahan, kita bebas memilih tanaman mana yang akan dijadikan rootstock dan tanaman lain sebagai batang pucuknya.

Sambung pucuk, okulasi ataupun pembuatan kaki ganda pada tanaman bukan lagi tentang budidaya saja. Hal itu sudah masuk pada ranah hobi dan estetika. Oleh karena itu artikel ini ditulis agar para pecinta okulasi, sambung pucuk, sambung sisip ataupun pembuatan kaki ganda tanaman semakin dimudahkan dalam memilih species tanaman sebagai bahan.


Berikut beberapa tanaman familiar di sekitar kita yang termasuk dalam suku atau famili Annonaceae;

Baca juga artikel lain tentang  daftar suku dan family tanaman;


Jenis Tanaman dalam Family Meliaceae

Jenis Tanaman dalam Family Solanaceae

  1. Sirsak (Annona muricata L.)
  2. Bunga Kenanga (Cananga odorata)
  3. Sirkaya / Sugar Apple (Annona Squamosa)
  4. Glodokan tiang/ ashoka tree / evergreen tree (Polyalthia longifolia Sonn.)


Jika masih ada tanaman disekitar kita yang masuk dalam suku atau famili Annonaceae namun belum disebutkan, silahkan berpartisipasi dengan cara mengisikan pada kolom komentar blog ini. Terimakasih dan selamat berkreasi.
Jenis Tanaman dalam Family Annonaceae Jenis Tanaman dalam Family Annonaceae Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on November 11, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.