Stek Jeruk Nipis Tanpa Beli Perangsang Akar


Jeruk nipis termasuk salah satu jenis jeruk yang dimanfaatkan untuk membuat minuman atau jeruk peras. Selain itu, digunakan sebagai teman makan soto juga sate.


Secara klaifikasi, tanaman jeruk nipis masuk dalam suku atau family Rutaceae. Tanaman dengan nama latin atau scientific Citrus aurantifolia memiliki bentuk yang cenderung kecil dengan diameter kurang lebih 4-5cm. Meski ukuranya cenderung kecil, tanaman jeruk nipis dengan kondisi sehat akan mampu berbuah banyak dan bisa mencapai 7-10 buah pada setiap tangkainya.


Baca juga artikel lain tentang stek:


Begini Cara Stek Pucuk Tanaman Bunga Telang

Stek Bambu Kuning Berhasil

Tips Stek Pucuk Tanaman Dewandaru Supaya Berhasil

Tips Trick Stek Mulberry tanpa ZPT

Stek Pucuk Ficus Elastica Karet Kebo Lebih Mudah

Cara Stek Mawar Tanpa Perangsang Akar

Agar Stek Buah Tin Tidak Berjamur dan Kering

Belajar Singkat Stek Beringin Variegata

Stek Daun Mint Tidak Repot

Cara Stek Tanaman Melati Jasmine


Salah satu ciri fisik dari tanaman jeruk nipis adalah terdapat banyak duri pada tangkainya. Kita bisa bandingkan dengan jenis jeruk lain yang juga populer di masyarakat yaitu jenis jeruk keprok yang cenderung memiliki lebih sedikit duri pada batangnya.  Oleh karena itu meski melakukan stek jeruk nipis tergolong tidak begitu sulit untuk dilakukan, namun saat proses pengambilan pucuk atau batang stek jeruk nipis butuh lebih hati- hati agar durinya tidak mampir menancap di tangan.

Berikut persiapan untuk melakukan stek jeruk nipis:





Langkah melakukan stek batang tanaman jeruk nipis;


  • Pilih batang jeruk nipis dengan kondisi dormant serta kondisinya harus sehat dan bebas dari hama apapun.  Hindari memilih pucuk yang sedang tumbuh daun muda. Potong dengan jarak 15 cm terhitung dari pucuk adalah kondisi terbaik untuk stek jeruk nipis.
  • Sebelum memotong batang stek, sebaiknya hilangkan duri menggunakan gunting tajam. Dengan menyingkirkan duri yang banyak tadi, maka proses pengamblan batang stek akan lebih mudah dilakukan.
  • Potong miring batang yang telah dipilih, dengan kemiringan kurang lebih 45 - 60 derajat
  • Bersihkan batang serta daun menggunakan air bersih
  • Rendam pada rebusan aloevera selama 15 hingga 1 jam  
  • Media tanaman yang sudah dipersiapkan lalu disiram hingga sangat basah. Penulis menggunakan pasir sungai sebagai media tanamnya. Oleh karena itu kondisi media tanam harus disiram basah agar saat batang ditancapkan akan lebih mudah serta tidak melukai lapisan busa pada batangnya. 
  • Masukan stek tadi ke dalam green house 
  • Dalam waktu kurang lebih satu bulan tunas daun muda sudah mulai bermunculan tumbuh. Ketika sudah menginjak usia dua bulan dalam green house, maka stek jeruk nipis sudah bisa dikeluarkan dan dipindahkan ke area teduh untuk proses penyesuaian suhu lingkungan. 
Stek Jeruk Nipis Tanpa Beli Perangsang Akar Stek Jeruk Nipis Tanpa Beli Perangsang Akar Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on November 10, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.