Tips Mengundang Lalat BSF


Menjadi semakin populer dimanfaatkan dalam bidang pertanian, lalat bsf semakin mendapat tempat bagi para penghobi ataupun peternak unggas dan ikan air tawar.

Keberadaan lalat biasa dimanfaatkan larva serta pupanya. Keduanya menawarkan kandungan protein tinggin yang bagus bila diberikan untuk ternak.

Tentunya protein bukan merupakan sumber pakan utama bagi ternak. Protein hanya digunakan sebagai pelengkap nutrisi dan akan berdampak buruk ketika diberikan dalam jumlah yang terlalu banyak. Oleh karena itu, harus selalu diingat bahwa menghadirkan asupan protein untuk ternak tetap butuh catatan. Dengan persentase pemberian asupan protein yaitu maksimal 40% jumlahnya, maka resiko kelumpuhan pada unggas masih bisa dihindarkan.


Kembali pada topik bahasan tentang cara mengundang atau mendatangkan lalat bsf dari alam, maka kita hanya perlu memahami karakteristik dasar dari lalat bsf.

Baca jugaMembuat Media Untuk Memancing Lalat BSF

Lalat bsf atau black soldier fly atau dengan nama ilmiah Hermetia illucens merupakan satu jenis lalat yang memiliki bentuk fisik menyerupai lebah kecil. Lalat bsf memiliki karakteristik yang sama seperti jenis lalat pada umumnya yaitu hinggap pada media yang membuat mereka tertarik.

Tujuan lalat hinggap pada media tertentu ialah untuk makan ataupun bertujuan untuk meletakan telur-telur mereka.

Untuk membuat tertarik lalat bsf yang ada di area sekitar, maka gunakan aroma yang paling menyengat sebagai umpannya. Aroma menyengat harus lebih dominan dibanding aroma lain yang ada disekitarnya. Semisal, kita bisa gunakan aroma buah-buahan yang sudah terlalu matang dan letakan pada ember atau tempat tertentu. Kita juga bisa gunakan aroma bangkai ayam atau daging tertentu sebagai umpannya.

Jika sudah bisa menghadirkan umpan dengan aroma terkuat tadi atau intinya semakin kuat aroma yang dihadirkan, maka potensi datangnya lalat bsf untuk bertelur pada media tadi akan semakin besar.

Kenali ciri-ciri fisik lalat bsf, lalu siapkan media bertelur untuk lalat bsf yang sudah datang. Kita bisa gunakan tumpukan potongan kayu tipis dengan paku pinus sebagai pembatasnya. Atau kita juga bisa gunakan media mudah lain yaitu dengan menggunakan potongan kardus bekas.

Yang diperlukan ialah rongga-rongga kecil seperti yang terdapat pada potongan kardus bekas. Rongga-rongga tadi akan digunakan sebagai tempat lalat meletalan telur-telur mereka.

Mengapa lalat bsf senang dengan aroma media yang paling menyengat? Hal itu sebagai insting alami saja, bahwa lalat pun ingin memberikan kepada calon keturunannya asupan makanan terbaik untuk mereka nantinya menetas dan tumbuh.

Jadi, ketika kita ingin berusaha mencari indukan lalat bsf dari alam, hal itu tetap bisa dilakukan. Apalagi ketika kita sudah pernah menjumpai lalat bsf hinggap di dahan sedang bertengger, hal itu menjadi indikator besar bahwa keberadaan lalat bsf dilingkungan itu benar-benar ada.
Tips Mengundang Lalat BSF Tips Mengundang Lalat BSF Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on December 24, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.