Baru Lahir diasuh Induk Kelinci Lain


Kelinci dan fasenya melahirkan tidak selalu lancar atau tanpa kendala. Ada saja hambatan yang mengharuskan kita turun tangan guna menyelamatkan nyawa bayi-bayi kelinci yang baru saja di lahirkan. Mulai dari mempersiapkan nest box dan menyediakan artifisial pengganti bulu (ketika induknya tidak mencabuti bulunya) sebagai media penghangat bayi-bayi kelinci, hingga induk kelinci yang tak mengeluarkan air susu atau tak mau menyusui karena terbiasa satu kandang bersama kelinci-kelinci lain. Apapun kendalanya, kita pasti akan coba memberikan usaha terbaik meski belum tentu hasilnya akan serupa seperti yang kita harapkan.

Poto)
Berbagai cara bisa dilakukan ketika induk kelinci tidak menyusui bayi-bayinya, entah karena permasalahan air susu induknya yang tak keluar atau karena kondisi induk kelinci yang stres, maka suplemental feeding sistem (susu pengganti) bisa diterapkan. Susu pengganti ini bisa berasal dari susu formula yang memang dibuat khusus untuk newborn bayi kelinci ataupun yang berasal dari bahan alami yaitu dari susu kambing.

Baca juga: Susu Pengganti Untuk Bayi Kelinci

Kedua suplemental feeding sistem (susu pengganti) di atas merupakan hal yang paling banyak dilakukan ketika berhadapan dengan kondisi induk kelinci yang sedang bermasalah terhadap menyusui bayi-bayinya.

Selain menggunakan dua cara tersebut di atas, kita juga bisa menggunakan cara yang lebih sederhana yaitu dengan cara menitipkan bayi-bayi kelinci ke indukan kelinci lain yang juga sedang dalam fase menyusui. Dengan menitipkan bayi kelinci untuk menyusu ke induk kelinci lain, tentunya kualitas susu yang akan bayi-bayi kelinci konsumsi terjamin aman bagi mereka.

Kendala Menitipkan ke Induk Kelinci Lain

Memang sepertinya sangat mudah dilakukan dan hanya sekedar meletakan bayi-bayi kelinci umur 0 kepada induk kelinci yang juga sedang dalam kondisi menyusui. Namun, sebagai hewan yang sangat sensitif terhadap aroma, bisa saja terjadi penolakan dan beresiko terhadap bayi-bayi kelinci yang baru saja kita titipkan.

Bayi Kelinci diasuh Kelinci Lain

Cara memberikan atau menitipkan bayi-bayi kelinci ke induk kelinci lain sebaiknya dilakukan pada jadwal menyusui di malam hari. Oleh karena itu, pilih indukan yang mempu menyusui hingga 2 kali dalam 24 jam dan mampu menyusui hingga perut bayi membesar karena terisi dengan maksimal.

Tidak semua induk kelinci memproduksi air susu secara maksimal, ada berbagai faktor yang meyebabkan produksi susu induk kelinci menjadi tidak maksimal. Salah satunya karena dalam kondisi yang tidak begitu nyaman dan tenang. Pada kondisi yang tenang dengan pencahayaan yang minim, maka secara otomatis kondisi induk kelinci yang sedang menyusui akan tetap stabil.

Pada malam hari adalah kondisi paling tenang dengan kondisi pencahayaan yang nyaris tidak ada, maka hal it bisa kita manfaatkan untuk mengganti bayi-bayi kandung dari induk kelinci dengan bayi-bayi kelinci yang akan kita titipkan.

Mencampur bayi kandung kelinci dan bayi angkatsebaiknya tidak dilakukan agar resiko perbedaan aroma, perbedaan umur serta kompetisi tidak terjadi. Kelinci akan cukup jika diberi makan satu kali dalam sehari, oleh karena itu meletakan bayi-bayi kelinci asli dan titipan secara bergantian akan tetap aman dilakukan.

Menempatkan Satu Kandang untuk Satu Kelinci

Kelinci diletakan secara terpisah dalam setiap kandang, hal itu memang yang sebaiknya dilakukan. Apalagi ketika tidak selalu kita bisa memeriksa kondisi kelinci satu persatu dengan kondisi tercampur dalam satu kandang yang sama.

Memisahkan kelinci pada setiap kandang memiliki banyak keuntungan, antara lain; mudah dalam pencatatan segala data untuk setiap kelinci, mulai dari tanggal kelahiran, keturunan, silsilah penyakit, tanggal kawin hingga estimasi hari ketika induk kelinci akan melahirkan. Selain itu, meletakan induk kelinci pada setiap satu kandang akan membuat indukan kelinci menjadi lebih tenang dan jauh dari kondisi stres.

Dengan mengetahui atau melakukan pencatatan untuk setiap induk kelinci maka kita bisa lakukan segala upaya preventif ketika kendala, seperti contohnya bayi-bayi kelinci yang tidak disusui oleh induknya.

Mengawinkan para betina kelinci pada satu waktu yang sama merupakan salah satu cara agar perbedaan waktu bayi-bayi kelinci yang dilahirkan hanya berkisar antara 0-5hari saja. Hal itu juga dilakukan agar ketika ada induk kelinci yang bermasalah dengan produksi air susu bisa segera dititipkan ke indukan lainnya tanpa apa penolakan atau masalah lainnya.
Baru Lahir diasuh Induk Kelinci Lain Baru Lahir diasuh Induk Kelinci Lain Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on February 24, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.