Manfaat Memelihara Ayam Kampung


Ayam kampung Asli masih menjadi pilihan yang paling baik jika ditujukan untuk ayam rumahan ataupun tujuan komersil. Tujuannya bisa bermacam-macam, salah satunya menjadi sumber protein hewani yang tak perlu perawatan khusus untuk bisa tumbuh sehat.

Kebanyakan memelihara ayam kampung asli tidak memerlukan segala jenis vaksin. Hal itu dikarenakan sistem imune ayam kampung asli lebih unggul dibanding dengan ayam ras atau jenis ayam lain yang cenderung rentan terserang virus atau penyakit unggas.

Namun, meski tidak membutuhkan vaksin, ayam kampung asli tetap membutuhkan asupan jamu atau obat herbal untuk menjaga ketahanan tubuhnya tetap dalam kondisi optimal. Khususnya, pemberian jamu herbal diperlukan saat pergantian musim antara musim hujan ke musim kemarau juga sebaliknya.

Pada pergantian musim tersebut, udara siang dan malam biasanya sangat berbeda dan kerap membuat imune ayam kampung asli menjadi menurun dan memungkinkan untuk terserang virus. Khususnya ketika siang harinya sangat panas dan pada malam harinya suhu udara menjadi sangat dingin, pemberian jamu dan suhu kandang yang hangat menjadi perlindungan yang dibutuhkan oleh ayam kampung.

Suhu udara dan hembusan angin yang dingin berpotensi membawa virus ke wilayah kandang kita dan berpotensi menjangkit ayam peliharaan. Oleh karena itu, selain menghindarkan ayam terkena suhu dingin di malam hari, mengkondisikan kandang supaya tetap bersih juga harus dilakukan. Semua itu merupakan usaha antisipatif ketika memelihara ayam kampung tanpa harus repot menyembuhkan ayam yang sudah terlanjur terkena penyakit atau virus yang juga bisa mengakibatkan kematian unggas secara  massal.

Manfaat memelihara ayam kampung antara lain;

Menjadi pembersih limbah sisa dapur,

Apapun limbah hijau sisa dapur akan dimakan oleh ayam. Yang bersisa hanyalah kertas dan plastik di dalam tong sampah. Limbah sisa dapur seperti; sayuran mentah, sisa nasi, dan semua jenis sisa makanan bisa menjadi pakan ayam.

Menjadi Penghasil Pupuk Kandang,

Kotoran ayam bisa dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman. Untuk mengurangi aroma kotoran yang terlalu menyengat kita berikan segala bentuk pakan yang telah melewati proses fermentasi. Pakan ayam yang telah melewati fermentasi oleh mikroba akan membuat aroma kotoran menjadi yang jauh lebih ramah untuk lingkungan.

Baca juga: Pakan Ayam Fermentasi Mudah Dibuat

Untuk Dimanfaatkan Dagingnya,

Daging ayam Kampung Asli tetap menjadi jenis daging ayam yang rendah lemak. Apalagi ketika dipelihara dengan cara yang natural atau tanpa pemberian obat-obat kimia buatan. Jika menginginkan postur ayam kampung yang besar maka dengan cara memilih indukan yang besar pula bisa menjadi awalan.

Sebagai contoh, pilih indukan betina ayam kampung yang bobotnya tergolong besar, kemudian pilih pejantan ayam kampung yang sudah bercampur dengan jenis ayam bangkok atau jenis ayam lokal lain yang juga memiliki postur besar.

Dengan indukan dan pejantan yang berpostur maka nantinya kita bisa mendapatkan anakan yang juga memiliki postur besar dengan pertumbuhan yang tergolong cepat mencapai usia konsumsi.
Manfaat Memelihara Ayam Kampung Manfaat Memelihara Ayam Kampung Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on March 26, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.