Resiko Azolla Terlalu Banyak diberi Pupuk


Meski mudah tumbuh pada media air yang subur, namun ketika dilakukan pemberian pupuk secara berlebihan maka resikonya tanaman azolla menjadi tidak subur dan cederung terlihat kepanasan. Daunya mengecil dan warnanya mulai kecoklatan sebagai respond bahwa media air yang tanaman azolla miliki sedang tidak dalam kondisi baik.


Tanaman azolla mempergunakan sistem perakarannya yang cukup pendek untuk menyerap nutrisi yang terdapat dalam media airnya. Dengan kondisi air yang selalu berisi dengan nutrisi atau pupuk, pertumbuhan azolla akan tetap dalam kondisi baik.

Selain kandungan nutrisi atau pupuk yang harus larut dalam airnya, intensitas cahaya juga sangat penting diberikan untuk tanaman azolla. Tanpa sinar matahari yang cukup, tanaman azolla tidak akan mampu melakukan fotosintesis dan pasti tidak akan tumbuh dengan subur.

Pemberian Pupuk Untuk Azolla

Pupuk yang kita berikan untuk tanaman azolla sebaiknya yang banyak mengandung unsur hara makro phosfor (P). Kita bisa memanfaatkan jenis pupuk alami yang banyak mengandung unsur hara phosfor, diantaranya; kotoran ayam, air cucian beras dan cacahan batang pisang. Jika susah untuk mendapatkan pupuk alami seperti di atas, maka kita bisa ganti dengan pupuk organik yang bisa kita dapatkan di toko pertanian. Kita tinggal mencari jenis pupuk yang banyak mengandung unsur phosfor (P) di dalamnya.

Baca juga: Beberapa Rekomendasi Pupuk Alami Untuk Azolla

Sebagai tambahan, pemberian pupuk secara berkala wajib dilakukan. Hal itu untuk menunjang keberlangsungan tumbuh dari tanaman azolla. Pemberian kotoran hewan dalam bentuk fresh (belum terurai menjadi tanah) bisa diberikan namun sebaiknya diberikan dalam jumlah yang sangat terbatas.

Sistem perakaran azolla bertugas menyerap amonia dan melepasnya dalam bentuk nitrogen ke udara. Namun jika pemberian pupuknya terlalu banyak maka kandungan amonia dalam airnya menjadi terlalu banyak. Sebagai dampak dari pemberian pupuk yang terlalu banyak, maka hal itu akan menyiksa sistem perakaran pada tanaman azolla.

Intensitas Cahaya Matahari yang dibutuhkan Azolla

Menjadi faktor penentu kedua selain pemberian pupuk pada media air tanaman azolla, kehadiran cahaya matahari bisa diberikan dalam jumlah banyak. Namun, penggunaan terpal yang hanya diletakan pada permukaan tanah dan hanya memiliki ketinggian terbatas yaitu berkisar 30cm sebaiknya diberi naungan. Hal itu dilakukan agar air kolam tidak menjadi sangat panas ketika siang hari.

Kedalaman air kolam untuk azolla sebenarnya tidak ada batasan, namun ketika kedalaman airnya mencapai 50cm atau lebih, maka jumlah pupuk yang diberikan harus disesuaikan.

Jenis kolam permanen atau kolam terpal yang dibuat dengan cara digali adalah jenis yang disarankan. Jenis kolam tersebut akan tetap aman sekalipun mendapatkan sinar matahari yang jumlahnya banyak. Hal itu bisa dilihat dari kondisi air yang tidak mudah berubah secara drastis ketika pada siang hari matahari bersinar sangat terik.
Resiko Azolla Terlalu Banyak diberi Pupuk Resiko Azolla Terlalu Banyak diberi Pupuk Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on April 13, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.