Kotoran Ayam Apa Bisa Untuk Pupuk Azolla


Sebagai pemula, kita selalu penasaran pada hamparan azolla milik orang lain yang bisa tumbuh dengan subur. Oleh karena itu, menanyakan jenis pupuk yang dipergunakan menjadi yang paling  sering dilakukan. Pada kenyataannya, jenis pupuk yang diberikan bukan jaminan untuk kita memiliki tanaman azolla yang tumbuh dengan subur.


Untuk bisa tumbuh dengan subur, azolla tak hanya hidup dari pupuk tertentu. Azolla juga butuh cahaya matahari serta temperature yang pas untuk kondisi airnya. Jadi, untuk mendapatkan azolla yang percepatan tumbuhnya bagus membutuhkan kombinasi yang pas diantara kombinasi semua faktor tersebut. 


Baca juga: Cara Singkat Merawat Azolla


Azolla dengan segala daya tariknya membuat banyak orang ingin mencoba untuk membudidayakannya. Dari wadah nampan berukuran kecil, ember, hingga kolam terpal menjadi beberapa tempat untuk bertanamnya.  


Tanpa harus ditempatkan pada wadah besar, hal itu yang membuat azolla menjadi familiar bagi banyak orang. Artinya siapapun bisa mencoba untuk bertanam azolla. Hal itu yang membuat banyak sekali ide atau gagasan dari berbagai sudut pandang berbeda tentang cara merawat azolla. 


Salah satunya mengenai pemilihan jenis pupuk untuk tanaman paku air azolla. Ada yang harus memberikan pupuk berupa pupuk pabrikan merk tertentu yang dibeli dari toko pertanian. Namun, tak sedikit pula yang hanya memberikan pupuk berupa kotoran hewan yang notabene tinggal serok tanpa harus membayar dengan uang. 


Perbedaan pemilihan jenis pupuk tersebut pasti juga berdasarkan pengalaman yang masing-masing alami. Ada pula yang hanya berbekal membaca pengalaman orang lain dan memanfaatkan informasi tersebut untuk mencari potensi dari lingkungan sekitar mereka. 



Penulis sendiri termasuk yang tak perlu membeli pupuk untuk azolla. Penulis hanya memanfaatkan KOHE ayam untuk proses pemupukan. Hasilnya, percepatan tumbuh azolla tetap stabil dan bisa dipanen konstan setiap hari.


Tak perlu KOHE ayam dengan ciri-ciri tertentu, KOHE basah (baru keluar) ataupun yang sudah lapuk bisa dipergunakan. Untuk KOHE yang maish basah biasanya berasal dari kotoran di bawah kandang dari anakan ayam atau ayam dewsa pun tak jadi masalah. Ambil sedikit, larutkan dalam air lalu bisa langsung dituang ke kolam azolla. 


Baca juga: Cara Aplikasi Pupuk Pada Tanaman Azolla


Setiap hari diberi jenis pupuk yang sama dengan jumlah yang sama pula. Untuk kondisi kolam terpal baru, tentu saja akan membutuhkan treatment yang berbeda agar kualitas airnya bisa mendukung azolla untuk tumbuh subur. Jangan langsung pergunakan untuk menanam azolla jika kolam terpalnya masih kondisi baru.


Kotoran Ayam Apa Bisa Untuk Pupuk Azolla Kotoran Ayam Apa Bisa Untuk Pupuk Azolla Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on July 11, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.