Cara Mudah Membedakan Kelinci Jantan dan Kelinci Betina




Membedakan kelinci jantan dan betina akan mudah dilakukan, bahkan  oleh pemula sekalipun. Namun, untuk mengetahui perbedaan tersebut ketika usia kelinci masih sangat muda akan membutuhkan waktu khusus. Salah satunya dengan cara membaca artikel tentang Cara Mudah Membedakan Kelinci Jantan dan Kelinci Betina.



Ketika memeriksa kelamin kelinci jantan pada usia dewasa, kita akan dimudahkan karena testikelnya (buah pelir)  sudah terlihat. Hal itu akan berbeda ketika memeriksa kondisi kelinci muda yang belum terdapat atau belum tumbuh testikel. Munculnya testikel pada kelinci jantan tidak ditentukan oleh umur kelinci. Hal itu akan berbeda masanya antara kelinci yang satu dengan yang lain tentang kapan testikel pada kelinci jantan bisa muncul. Tidak menutupkemngkinan jika pada umur 2 bulan anakan kelinci jantan sudah muncul testikel, namun ada pula yang hingga 5 bulan atau lebih baru mulai muncul. Perbedaan itu tidak mempengaruhi apapun dari aktifitas kelinci ketika nantinya menginjak umur dewasa.


Baca juga artikel lain tentang kelinci:

Cara Pelihara Kelinci Untuk Pemula
Bahan Alami Atasi Kelinci Diare
Menangani Kelinci Yang Tidak Mau Makan
Umur Berapa Kelinci Boleh Kawin
Cara Potong Kuku Kelinci



Berikut hal termudah yang bisa dilakukan untuk Membedakan Kelinci Jantan dan Betina:

1.       Posisikan kelinci menghadap depan atau searah dengan kita


2.       Agar mudah untuk dikendalikan saat proses pengecekan jenis kelamin kelinci, kita bisa posisikan tangan kiri untuk memegang kepala kelinci. Kemudian, jari manis serta jari tengah ditempatkan diantara telinga kelinci, sedangkan jari lain menahan atau menekan pipi kelinci pada sisi kanan kiri. Dengan metode seperti itu, mengendalikan kelinci yang belum jinak juga akan lebih mudah dilakukan.

3.       Lakukan tahap dua dengan gentle atau tetap nyaman untuk kelinci. Lalu setelah itu kita bisa membalikan badan kelinci dengan bantuan tangan kanan memposisikan badan kelinci. Gunakaan kursi atau bantalan khusus sebagai tumpuan.

4.       Untuk pengecekan jenis kelamin kelinci, pada bagian atas ekor merupakan area kelamin kelinci. Gunakan jari telunjuk atau bisa juga bersamaan dengan ibu jari dengan sedikit menekan atau memberi tekanan agar jenis kelamin kelinci bisa keluar atau terlihat.

5.       Bentuk jenis kelamin kelinci jantan akan terlihat seperti  katup, menyerupai selang dengan permukaan yang rata. Sedangkan kelinci betina memiliki permukaan yang miring atau meruncing pada salah satu sisi.





Cara Mudah Membedakan Kelinci Jantan dan Kelinci Betina Cara Mudah Membedakan Kelinci Jantan dan Kelinci Betina Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on September 26, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.