Kelinci Tetap Butuh Potong Kuku



Perihal memotong kuku kelinci peliharaan, sebenarnya hal ini wajib untuk dilakukan. Pola hidup kelinci peliharaan akan jauh berbeda dengan kelinci yang berada di alam liar. Biasanya di alam liar, kelinci akan menggarukan kaki ke permukaan batu agar kuku kaki yang mereka miliki tidak tumbuh terlalu panjang. Khususnya pada kuku kaki bagian depan akan lebih cepat tumbuh apalagi ketika kelinci banyak menghabiskan waktu hanya di kandang saja.



Memotong kuku kelinci bisa dilakukan dengan membawa ke tempat perawatan hewan atau petshop. Kita juga bisa menggunakan clipper ataupun gunting kuku yang biasa digunakan untuk memotong kuku manusia. Jika ingin melakukannya sendiri, kita harus paham atau mengetahui area batas kuku yang perlu dipotong dan yang tidak boleh dipotong. Hal itu bisa dilihat dari warna batas kuku yang berwarna merah pada bagian dalamnya. Agar darah tidak keluar, sebaiknya memotong kuku kelinci sebelum batas merah tadi.

Alasan kenapa kita harus memotong kuku kelinci adalah untuk menghindarkan segala bentuk resiko yang berkenaan dengan area kaki kelinci. Dengan kondisi kuku yang panjang maka kelinci akan mengalami kendala gerak ketika beraktifitas dalam kandang. Selain itu, kelinci juga seringkali menggunakan kaki untuk menggaruk badannya, dengan kondisi kuku pajang akan melukai kulit kelinci dan beresiko luka dan menimbulkan jamur.



Kelinci Tetap Butuh Potong Kuku Kelinci Tetap Butuh Potong Kuku Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on September 28, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.