Kapan Kelinci Boleh Kawin



Jika sekarang ini sedang ingin tahu caranya mengawinkan kelinci, sebaiknya hal yang paling pertama dilakukan ialah mengetahui jenis kelamin kelinci yang akan dikawinkan. Jika sudah mengetahui perbedaan itu, maka kita bisa bergeser ketahap lanjutan yaitu mengetahui umur kelinci. Umur yang baik untuk mengawinkan kelinci adalah ketika kelinci minimal sudah menginjak 6 bulan untuk betina dan 12 bulan untuk kelinci jantan.


Selain hitungan umur, pemeriksaan kondisi fisik juga diperlukan. Hal ini agar proses kawin bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Kelinci betina yang sedang dalam kondisi birahi bisa ditandai dengan warna pink pada alat kelaminnya. Jika indikator itu ada, maka kelinci jantan bisa mulai diletakan ke kandang betina dan biarkan hingga proses kawin minimal 2 kali terjadi (dihitung ketika kelinci jantan terjungkal setelah kawin), lalu ambil atau pisahkan kembali pejantan dari kandang kelinci betina. Lakukan pengulangan proses hingga total 3 hari agar proses kawin benar- benar berhasil.

Setelah proses kawin terjadi, jangan lupa untuk mencatat tanggal kawin kelinci. Setelah 25 hari (minimal), kelinci betina akan membuat atau mempersiapkan sarang untuk nantinya digunakan sebagai tempat anak- anak kelinci lahir. Kelinci akan mencabuti bulunya untuk nantinya digunakan oleh anak- anaknya sebagai penghangat sementara sebelum mereka mulai tumbuh bulu.


Kapan Kelinci Boleh Kawin Kapan Kelinci Boleh Kawin Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on September 27, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.