Bentuk Biji Tanaman Bunga Turi


Biji dari bunga turi terdapat pada bagian polongnya. Polong dari tanaman turi berbentuk menyerupai kacang panjang. Panjang menjuntai ke bawah, bentuknya memang serupa dengan polong dari kacang panjang.


Tanaman turi terdiri dari dua varietas warna bunga yaitu berwarna merah dan putih. Selain berbeda pada warna bunganya, perbedaan itu pun muncul pada warna bijinya. Jadi, untuk membedakan calon bibit tanaman turi dengan warna bunga putih ataupun merah kita bisa lakukan sedari dini yaitu dengan cara melihat dari warna fisik bijinya.

Untuk jenis tanaman turi dengan bunga merah maka cirinya berwarna coklat tua pada bijinya, namun jika tanaman dengan bunga putih maa bijinya akan berwarna coklat muda.


Menurut penelitian, pada biji turi terdapat kandungan vitamin b2. Hasil penelitian mengatakan bahwa biji turi merah dan putih pada sebuah penelitian eksperimental (Rahmawati, (2016) Universitas Brawijaya) yang dilakukan dalam tiga kali pengulangan berturut-turut menghasilkan 0,11mg/100g dan 0.32mg/100g. Sesuai hasil penelitian dikatakan bahwa pada biji turi putih menunjukan kandungan vitamin B2 yang lebih besar yaitu sejumlah 0.32mg/100g.

Tanaman turi atau dengan nama (latin) ilmiah Sesbania grandiflora merupakan bagian dari suku atau family dari Fabaceae. Hal itu menunjukan bahwa tanaman turi menjadi bagian dari family tanaman petai, lamtoro, secang, gayam dan banyak tanaman lain yang menjadi bagian polong- polongan dalam suku Fabaceae. Selain diberi nama turi, tanaman ini juga memiliki sebutan lain di beberapa daerah di Indonesia, antara lain; di Madura (Toroy), di Bali (Tuwi), di Sulawesi Utara (Turing, Suri), Bima (Palawu), Rote (Nganggala, kalala), uliango, tanunu, kayu jawa, ajatulama, dan masih ada sebutan lain untuk jenis tanaman ini.

Pemanfaatan biji tanaman turi tidak sebatas menjadi masakan seperti layaknya sayur kacang panjang. Namun lebih dari itu, kita bisa mengubahnya menjadi berbagai macam campuran makanan  olahan sehat bernutrisi seperti contohnya digunakan sebagai salah satu isian dari onde-onde, bapao atau jenis makanan olahan lain.

Menjadi bagian dari jenis tanaman yang mudah dibudidayakan, dengan memilih benih biji yang unggul maka proses tumbuhnya juga akan maksimal. Benih biji turi bisa mulai dipanen ketika polong dari tanaman ini sudah berubah warna dari hijau menjadi kenkuningan atau mulai berwarna kecoklatan. Hal itu merupakan sebuah indikator bahwa kondisi biji dalam polong sudah menginjak umur dewasa serta siap untuk disemai atau langsung ditanam.

Sebagai tambahan, tidak semua benih biji turi yang kita dapat dari polongnya memiliki kualitas yang baik. Kita perlu mengetahui mana benih biji yang harus kita pilih serta mana yang harus ditinggalkan. Cara memilah kondisi benih biji turi yang baik adalah dengan melihat ciri fisik dari benih biji tersebut.


Baca juga artikel lain;


Bentuk Biji Buncis

Bentuk Biji kangkung

Bentuk Biji Kecipir

Bentuk Biji Dewandaru


Berikut beberapa ciri fisik untuk kita ketahui tentang memilih kondisi benih biji turi yang baik; bentuknya membulat (berisi padat), ukurannya tidak lebih kecil dari yang lainnya, tidak dipanen ketika masih terlalu muda atau masih berwarna hijau, tidak kusam atau merupakan benih biji stock lama yang beresiko terhadap lambatnya proses tumbuh.

Benih biji yang baik akan mampu tumbuh tepat waktu atau akan tumbuh secara bersamaan dan juga akan menghasilkan daun serta batang yang konstan. Dari benih biji yang baik, tanaman akan menghasilan pertumbuhan pucuk dengan kondisi yang baik pula. Jadi, pertumbuhan suatu tanaman akan terjadi secara konstan ketika kondisi pucuk atau batang utamanya mampu menghasilkan daun yang baik.

Kondisi pucuk yang baik secara fisik akan telihat atau menghasilkan daun yang cenderung berukuran sama atau bahkan semakin hari semakin bertambah besar jika dibandingkan dengan ukuran daun dari ruas sebelumnya. Jadi, setelah mengetahui hal kecil mengenai benih biji dari tanaman turi, maka kita akan mampu memilih biji mana yang memiliki kondisi yang baik. Selain itu, kita juga akan mendapatkan manfaat dari tanaman turi yang kita tanam entah di area rumah atau dilain lahan dengan  pertumbuhan tanaman turi yang cepat serta hasil yang akan mengikuti.
Bentuk Biji Tanaman Bunga Turi Bentuk Biji Tanaman Bunga Turi Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on November 20, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.