Apakah Kelinci Butuh Minum



Selain butuh makan, kelinci sebagai bagian dari mahluk hidup pasti juga akan membutuhkan air untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuhnya.
Tapi kan kelinci sudah makan makanan yang banyak mengandung air, Apa masih butuh minum?”

Mungkin pertanyaan diatas wajar terjadi karena banyaknya paradigma salah arah yang tersebar dan terus menerus dilakukan. Bisa jadi hal itu terjadi karena kita belum pernah memelihara kelinci atau ingin memelihara dan membeli kelinci  tanpa mencari tahu bagaimana pola hidup kelinci.

photo from bunnyeatsdesign.com


Cara kelinci minum adalah dengan menjulurkan lidahnya. Sama seperi hewan kaki empat lainnya, mereka minum dengan cara menjulurkan lidah atau menjilati tempat air minum.  Jika masih belum punya gambaran, kita bisa lihat cara kucing ataupun anjing saat minum pada botol nipple.  

“Apa tidak cukup jika kelinci diberi saja makanan yang mengandung banyak air, seperti contohnya makan apel?”

Baca juga artikel lain tentang merawat kelinci:



Tentu saja tidak cukup dan tidak boleh dilakukan, apalagi ketika cuaca panas maka kelinci akan butuh minum lebih banyak. Makanan fresh atau yang banyak mengandung air atau berasa masam tidak dianjurkan untuk diberikan ke kelinci. Apalagi jika sayuran atau buah- buahan tadi dijadikan sumber makanan utama untuk kelinci dan diberikan setiap hari. Kenapa tidak boleh? Alasanya cukup sederhana yaitu tidak baik untuk pencernaan kelinci yang tercipta lebih sederhana dibanding hewan ruminansia (seperti; kambing,sapi,dll). Jika di analogikan dalam wujud manusia, sistem pencernaan kelinci menyerupai sistem pencernaan pada bayi yang tidak butuh makan na ni nu sebelum umur setahun.

Jadi lebih baik, berikan makanan dan minuman yang sesuai, misal;

Baca juga artikel lain tentang kelinci:


Jenis- Jenis Kelinci Dwarf

Cara Pilih dan Periksa Kondisi Saat Beli Kelinci

Cara Memandikan Kelinci



  1. Berikan pelet khusus untuk kelinci,
  2. Berikan rerumputan yang sudah dilayukan atau dikeringkan,
  3. Gunakan botol khusus atau botol dengan nipple untuk tempat minum kelinci agar air tetap dalam kondisi bersih,
  4. Kita bisa berikan ape sayur segar hanya sebagai selingan atau seminggu sekali atau sejarang mungkin atau untuk memancing nafsu makan kelinci agar muncul kembali.

Jika masih ingin mengetahuo beberapa informasi lain tentang Makanan Yang Boleh dan Tidak Boleh Untuk Kelinci Kita bisa temukan dan baca di sini.


Apakah Kelinci Butuh Minum Apakah Kelinci Butuh Minum Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on October 05, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.