Cara Pilih dan Periksa Kondisi Saat Beli Kelinci



Siapapun yang berhadapan dengan hal baru pastinya akan mengeluarkan respon bingung. Hal itu menjadi salah satu celah kelemahan bagi orang awam saat membeli kelinci untuk pertama kali. Oleh karena itu, untuk menghindari target tipu- tipu si penjual, kita harus berjaga- jaga dengan cara mencari tahu dan mengulik informasi mendasar tentang Cara Pilih dan Periksa Kondisi Saat Beli Kelinci.

Informasi mendasar tentang Cara Pilih dan Periksa Kondisi Saat Beli Kelinci sangatlah mudah untuk ditemukan juga akan mudah untuk dipahami. Berbekal gawai berjaringan internet banyak bacaan singkat yang akan kita temui mengenai memilih kelinci yang tidak akan mati sesaat setelah semalam berganti hari alias kelinci cuman berumur sehari.

Berikut beberapa tips tentang Cara Pilih dan Periksa Kondisi Saat Beli Kelinci, agar tidak berujung kesedihan:

Baca juga artikel lain tentang kelinci:

Cara Pelihara Kelinci Untuk Pemula
Bahan Alami Atasi Kelinci Diare
Menangani Kelinci Yang Tidak Mau Makan
Cara Bedakan Kelinci Jantan dan Betina
Umur Berapa Kelinci Boleh Kawin


11.   Usap- usap kelinci pada bagian kepala sembari memeriksa kondisi kedua telinganya. Kelinci sehat akan  memiliki ermkaan kulit telinga yang halus pada bagian luar atau dalam. Jika ada terdapat luka atau lapisan kasar pada tepi telingga atau lapisan dalam telinga, hal itu bisa jadi merupakan scabies atau penyakit gudig atau penyakit gatal. Maka jangan pilih kondisi kelicnci yang seperti itu.

22.  Kondisi mata seharusnya terlihat segar dan tidak pucat sayu.

  3.   Usap keseluruhan bulu kelinci, bulu halus dan rapi merupaka salah satu indikator bahwa kelinci dalam keadaan sehat.

44.    Cek bagian hidung, kuku dan ekor kelinci, jika ada indikasi scabies atau penyakit gudig atau penyakit gatal maka tinggalkan.

  5.  Pada bagian hidung tidak boleh basah, keluar lendir atau sering kali kaki depan kelinci mengusapkan hidung,  hal itu berarti kelinci sedang flu.

  6.  Pada bagian bawah ekor merupakan dubur kelinci. Jika kondisinya basah bisa dipastikan kelinci sedang diare.

  7.   Usap keseluruhan badan dengan kedua tangan untuk mengetahui bahwa kondisi fisik kelinci proporsional atau tidak pernah mengalami cacat pada bagian kaki ataupun bagian anatomi yang lain.

  8.   Kenali jenis kelinci. Kelinci dengan ukuran kecil belum tentu sudah berumur 2 hingga 3 bulan. Artinya, bisa jadi kelinci ukuran kecil yang ditawarkan masih berumur 1 bulan dan bukan termasuk jenis kelinci dwarf (kelinci dengan gen kerdil). Oleh karena itu, kenali jenis- jenis kelinci dwarf sebagai referensi pribadi.
   Jika sudah ada gambaran tentang cara memilih saat membeli kelinci, kita sebagai pembeli juga akan mengetahui mana pembeli yang jujur ataukah kita justru sedang bertemu dengan penjual yang asal jual kelinci demi meraup pendapatan. Usahakan untuk membeli kelinci pada peternak langsung. Dari mereka kita juga bisa mencuri sedikit ilmu mengenai cara- cara merawat kelinci sembari mencari tambahan informasi dari google. 

Cara Pilih dan Periksa Kondisi Saat Beli Kelinci Cara Pilih dan Periksa Kondisi Saat Beli Kelinci Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on October 04, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.