Stek Bunga Nona Makan Sirih


Tanaman nona makan sirih atau dengan nama ilmiah Clerodendrum thomsoniae merupakan salah satu jenis tanaman yang cocok untuk dijadikan tanaman rambat.


Memiliki bunga dengan ukuran yang mungil, tanaman nona makan sirih yang berwarna putih akan terseli sedikit warna merah pada bagian ujungnya. Hal itu yang menyebabkan tanaman ini juga poouler disebut bleeding-heart vine.

Tanaman nona makan sirih berasal dari suku / family Lamiaceae. Seperti kebanyakan jenis buga lainnya, Tanaman nona makan sirih juga senang dengan kondisi area full sun untuk memproduksi bunga. Kemudian mengenai cara pembudidayaan atau erbanyakan dari tanaman Tanaman nona makan sirih, bisa dilakukan dengan tiga cara, yaitu; cabut atau memisahkan akar, menanam dari biji dan juga bisa dilakukan dengan cara stek batang.

Dari ketiga metode nuntk perbanyakan Tanaman nona makan sirih, metode stek lah yang paling unggul, cepat  dan mudah untuk dilakukan. Tidak berbeda dengan standar cara stek tanaman, untuk melakukan stek Tanaman nona makan sirih juga perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:


  1. Gunakan alat potong, pisau atau gunting yang tanam serta berkondisi steril
  2. Bisa gunakan rebusan aloevera sebagai anti jamur
  3. Gunakan sungkup atau green house untuk meletakan tanaman stek


Kurang lebih hanya tiga hal diatas yang perlu dipersiapkan. Namun, langkah- langkah ketika melakukan stek juga tetap butuh perhatian;


  1. Hindari batang pucuk yang berdaun muda atau pilih batang dengan kondisi berdaun dormant. Kurangi dan jika terdapat bunga lebih baik dibuang saja bunganya.
  2. Potong sekali jadi agar tidak meninggalkan luka memar pada batang
  3. Bersihkan batang dan bekas potongan dengan air bersih
  4. Rendam pada larutan ZPT atau anti jamur atau bisa gunakan rebusan aloevera dan beri waktu tunggu sekitar 10 hingga 1 jam lamanya.
  5. Siapkan media tanam yang sesuai untuk stek. Basahi dan tancapkan batan ste pada media tanaman
  6. Segera masukan stek yang sudah ditanam pada green house agar tanaman segera mendapatkan suhu yang sesuai untuk proses healing serta proses tumbuh.
  7. Dalam waktu satu bulan akan mulai tumbuh daun baru sebagai indikator bahwa stek batang berproses dengan normal. Namun jika stek batang mengering atau justru membusuk dan berjamur, lihat kembali apakah kondisi suhu hangat pada green house cukup konstan terjadi atau tidak. 
Stek Bunga Nona Makan Sirih Stek Bunga Nona Makan Sirih Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on November 09, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.