Ciri-Ciri Azolla Cocok Tumbuh dengan Habitatnya


Bagi yang belum mengenal bentuk atau kondisi bibit azolla yang baik, artikel ini mungkin akan sedikit memberikan pemahaman tentang azolla. Bernama Azolla microphylla, tanaman paku air ini hidup dengan cara  mengapung di permukaan air. Tak memiliki batang, jika dilihat sepintas, tanaman azolla microphylla memiliki bentuk daun yang menyerupai cemara kipas.

Mengapa memilih bibit azolla microphylla sebagai pakan ternak?

Cara memilih bibit azolla microphylla?

Memilih azolla sebagai pakan ternak merupakan sebuah hal yang bisa dilakukan untuk semua peternak. Khususnya di area pedesaan yang masih banyak terdapat rawa, tanaman azolla bisa dibudidaya sebagai lumbung pakan mandiri untuk kalangan peternak.

Meski tak ada rawa, bertanam azolla secara mandiri juga bisa dilakukan menggunakan kolam semen, kolam plastik ataupun kolam terpal. Tak ada yang terlalu menyulitkan mengenai tata cara membudidayakan azolla. Asal ada lahan dan kemauan, membudidayakan azolla sebagai pakan mandiri tetap bisa dilakukan.

Baca juga: Membuat Kolam Azolla

Azolla yang merupakan jenis tanaman juga membutuhkan pupuk serta sinar matahari untuk hidup. Dengan memanfaatkan kotora hewan yang selalu ada sebagai pupuk alaminya, maka azolla yang kita budidaya bisa tumbuh subur menyediakan pakan alternatif untuk ternak kita.

Baca juga: Beberapa Rekomendasi Pupuk Alami Untuk Azolla

Sebutan azolla microphylla mungkin tidak terlalu familiar bagi penjual, pembudidaya, apalagi bagi calon pembelinya. Secara garis besar, azolla yang ukurannya kecil dan mengapung di permukaan air adalah bagian dari jenis tanaman air apu-apu dan enceng gondok yang tentu lebih dikenal oleh awam.

Sebagai informasi, tanaman azolla tidak hanya memiliki satu jenis spesies saja, melainkan ada beberapa. Sebagai contoh, ada beberapa spesies azolla yang mungkin saja hanya terdapat di daerah tertentu di Indonesia atau bahkan hanya ada di luar Indonesia, antara lain; Azolla pinnata var. Imbricata, Azolla pinnata var. Pinnata, Azolla caroliniana, Azolla japonica, Azolla filiculoides, Azolla rubra, Azolla nilotica, dan lainnya.

Tentang ciri-ciri fisik dari azolla microphylla, secara umum tanaman ini memiliki bentuk daun yang lebih tebal jika dibandingkan dengan jenis spesies azolla yang lainnya. Bagi yang belum pernah melihat secara langsung betuk daun dari tanaman azolla, kita bisa lakukan dengan melihat bentuk daun dari cemara kipas dengan skala ukuran yang tentunya lebih kecil.

Cenderung Berdaun Tebal

Bibit azolla yang kita pilih sebaiknya yang memiliki daun tebal. Hal itu menjadi sebuah indikator bahwa bibit azolla yang akan kita beli merupakan spesies azolla microphylla. Selain itu, dengan kondisi daun yang tebal pula bisa dipastikan bahwa dikolam sebelumnya kondisi bibit azolla tumbuh dengan optimal.

Bercirkan daunnya tebal, tanaman azolla microphylla akan terus tumbuh menumpuk ketika tidak dilakukan pemanenan secara rutin. Kemudian, tanaman azolla microphylla yang ditebar pada lingkungan air yang subur akan dengan mudah pula tumbuh dengan subur. Diperkirakan, jika hidup di dalam lingkungan air yang subur, maka dalam tiga hingga satu minggu pertumbuhan azolla bisa mencapai 30-50% atau bahkan bisa lebih.

Habitat hidup azolla hanya pada air yang selalu dipenuhi dengan nutrisi. Jika hal itu terus ada, maka persedian pakan alami untuk ternak juga akan tetap tersedia. Di sisi lain, kemudahan dalam menanam tanaman azolla tidak melulu tanpa halangan, ada bermacam hama yang selalu siap menyerbu tanaman azolla dan selalu siap menggagalkan panenan seisi kolam.

Baca juga: Hama Ulat Menjadi Kendala Saat Budidaya Azolla

Sebagai paragraf penutup, jika ingin memanfaatkan azolla sebagai pakan,  sebaiknya terlebih dahulu penuhi ketersediaan azollanya. Ketika jumlah produksi azolla sudah stabil, maka bisa dilanjutkan dengan pembelian bibit ternaknya. Azolla bisa dipergunakan untuk pakan berbagai macam ternak ruminansia, kelinci, kuda hingga ikan air tawar. Meski tidak bisa dipergunakan sebagai satu-satu pakan utama, kandungan gizi di dalamnya akan sangat membantu guna mengurangi jumlah pengeluaran untuk pembelian pakan.
Ciri-Ciri Azolla Cocok Tumbuh dengan Habitatnya Ciri-Ciri Azolla Cocok Tumbuh dengan Habitatnya Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on April 25, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.