Supaya Stek Bunga Telang Berhasil


Bunga telang merupakan salah satu pewarna alami yang menghadirkan warna biru keunguan. Untuk dijadikan sebagai pewarna minuman, caranya mudah, yaitu hanya dengan menyeduh bunganya. Baik dalam kondisi segar ataupun yang sudah dikeringkan, bunga akan tetap menghasilkan warna dengan kepekatan yang sama.

Bunga telang termasuk salah satu bunga edible atau bisa dikonsumsi.

Fun factnya adalah bunga telang hanya mekar dalam waktu sehari sebelum keesokan harinya layu dan melanjutkan proses menuju polong yang akan berisikan biji bunga telang. Proses awal terbentuknya bunga telang kurang lebih satu minggu sejak bunga kecil mulai terbentuk hingga  akhirnya berukuran dewasa dan mulai mekar.

Untuk mengambil bijinya bisa dilakukan setelah polong berwarna coklat, dari polong itulah terdapat benih biji yang nantinya bisa ditanam untuk jadi tanaman telang yang baru.



Membudidayakan atau memperbanyak bunga telang bisa dilakukan dengan dua cara. Yang pertama dan sudah familiar dilakukan yaitu dengan cara menanam dari bijinya. Cara yang kedua dan belum banyak dilakukan ialah dengan cara stek.

Baca juga Cara Stek Pucuk Tanaman Bunga Telang

Pada  artikel kali ini, kita akan berbagi mengenai cara perbanyakan telang dengan cara stek. Stek dilakukan dengan tujuan supaya tanaman mampu menghasilkan bunga atau buah dalam waktu yang lwbih cepat. Oleh karena itu, stek bunga telang dilakukan agar nantinya tanaman akan menghasilkan bunga tanpa waktu tunggu yang terlalu lama.

Untuk melakukan Stek bunga telang, terdapat dua metode yang bisa kita pelajari. Metode pertama ialah dengan cara mengambil batang yang sudah tua atau yang sudah berwana putih kecoklatan. Sedangkan metode kedua yaitu dengan cara mengambil pucuknya sepanjang kurang lebih 15-25cm.

Tips dan Trik


  1. Gunakan pisau tajam saat memotong
  2. Potong dengan cara menyamping atau meruncing pada satu sisinya
  3. Rendam stek pada larutan anti jamur serta rooting hormon sebelum di tanam
  4. Gunakan media tanam pasir sungai
  5. Gunakan sungkup atau letakan pada green house agar suhu hangat terjaga secara konstan
  6. Dalam satu hingga dua minggu, akar akan mulai muncul diikui dengan tumbuhnya daun baru.


Jika dirasa stek sudah mulai banyak tumbuh akar serta daun. Maka stek sudah bisa dibuka sungkupnya atau dikeluarkan dari green house. Untuk sementara hingga hari ketujuh, letakan stek tadi pada area yang tidak terkena matahari langsung. Matahari pagi serta asupan air yang cukup akan mempercepat tanaman menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya.
Supaya Stek Bunga Telang Berhasil Supaya Stek Bunga Telang Berhasil Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on September 08, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.