Tips Stek Pucuk Tanaman Dewandaru Supaya Berhasil


Perbanyakan tanaman dengan metode vegetatif memang banyak dimanfaatkan, selain karena hasilnya sesuai dengan yang kita harapkan, waktu tunggu untuk menghasilkan tanaman baru juga relatif lebih singkat. Hal itu akan jauh berbeda ketika kita memilih metode generatif atau perbanyakan tanaman dengan menggunakan benih bijinya. Selain hasil yang belum tentu sama seperti tanaman induknya, waktu tunggu yang diperlukan juga akan semakin panjang.



Oleh karena itu, pada artikel ini TanamTernakRumahan akan menyajikan tips tentang perbanyakan tanaman dewandaru dengan metode vegetatif, salah satunya dengan metode cara stek pucuk tanaman dewandaru.

Perbanyakan tanaman dewandaru dengan metode stek pucuk sebenarnya tidak banyak berbeda dengan teknik stek pucuk secara general. Yang kita butuhkan tetap sama, antara lain sebagai berikut;


  1. Pilihlah pucuk tanaman dewandaru yang sedang dalam kondisi dormant
  2. Pucuk tanaman harus dalam kondisi sehat atau tidak terserang hama
  3. Ambil pucuk dari induk tanaman dewandaru yang sudah pernah berbuah



Selain beberapa hal di atas, berikut alat dan bahan yang wajib ada;


  1. Pisau tajam dan kondisinya steril
  2. ZPT atau fungisida
  3. Media tanam steril
  4. Sungkup atau Green House

Baca juga artikel lain tentang stek tanaman:


Pengertian Stek dan Cara Stek Tanaman
Begini Cara Stek Pucuk Bunga Telang
Stek Pucuk Karet Kebo Ficus Elastica
Stek Bambu Kuning Berhasil



Jika telah mengetahui teknik serta alat dan bahan yang dibutuhkan, sekarang saatnya untuk mengetahui langkah-langkah yang harus diikuti supaya stek dewandaru yang kita usahakan bisa tumbuh maksimal. Berikut langkah- langkahnya untuk kita ketahui;

1. Setelah batang pucuk dewandaru dipetik. Bersihkan batang dengan air bersih lalu rapikan potongan dengan pisau tajam dan steril yang telah disiapkan. Potong dengan cara miring. Lakukan juga teknik potong sekali jadi untuk mengurangi memar atau luka hasil potongan.

2. Kemudian, letakan batang stek tadi pada larutan ZPT, boleh juga larutan fungisida atau boleh juga tanpa perangsang akar atau apapun, namun pastikan media tanamnya harus steril. Kedalaman. Usahakan untuk merendam batang sedalam 7cm. Lama waktu perendaman bisa hingga 12 jam, namun jika ingin merendam hingga 12 jam usahakan untuk tidak terlalu banyak ZPT yang diberikan. Sebagai tambahan, jangan lupa untuk melakukan sungkup ketika melakukan perendaman batang agar kondisi batang tetap hangat.


3. Sembari menunggu rendaman batang stek pada larutan zpt, maka yang kita lakukan adalah mempersiapkan media tanamnnya. Gunakan media tanam yang steril atau sudah disterilkan. Untuk lebih mudahnya, maka bisa gunakan pasir sungai yang sudah dicuci bersih lalu letakan pada polybag atau wadah tanam.

4. Tancapkan stek batang pada media tanam yang sebelumya sudah disiram air hingga basah. Keunggulan menggunakan pasir adalah media itu tidak akan menjadi lembek oleh sebanyak apapun air yang disiram.

5. Beri sungkup atau letakan stek pada green house untuk proses penghangatan stek batang. Dengan adanya kondisi suhu hangat yang merata dan stabil, maka proses penyembuhan dan pertumbuhan akan berjalan dengan maksimal. Maka, jika semua berjalan sesuai standar, dalam sebulan pada stek pucuk dewandaru akan muncul daun baru serta akar stek yang juga mulai terlihat.

6. Jika semua sudah terlihat normal maka stek dewandaru sudah bisa dikeluarkan dari green house dan dipindahkan sementara ke area shade atau area dengan naungan. Area dengan naungan akan menghalau sinar matahari yang terlalu terik sembari tanaman beradaptasi dengan kondisi lingkugannya yang baru.
Tips Stek Pucuk Tanaman Dewandaru Supaya Berhasil Tips Stek Pucuk Tanaman Dewandaru Supaya Berhasil Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on October 20, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.