Tips Singkat Hadapi Musim Hujan Ternak Ayam


Awal musim penghujan bisa jadi yang ditakuti penghobi ataupun peternak ayam. Secara empiris , banyak yang sudah mengalami bahwa ketika musim penghujan tiba maka ayam akan mulai terserang penyakit dan sedikit demi sedikit mati, hingga menyusul semuanya.


Bukan flu burung ataupun virus berbahaya lain yang menular juga ke manusia, namun kematian massal pada ayam ataupun unggas lainnya juga bisa disebabkan oleh kondisi lingkungan ataupun cuaca. Kondisi yang tidak mendukung bisa jadi penyebab kematian unggas. Apalagi ketika kekebalan tubuh ayam mulai menurun, maka penyakit akan mudah menyebar dan menyerang dari ayam yang satu ke ayam lain secara besar- besaran.

Baca juga artikel lain tentang memelihara ayam;


Racikan Obat Alami Snot Flu Ayam

Beternak Ayam di Rumah Supaya Tidak Bau


Daun Afrika untuk Mengatasi Diare atau Feses Putih Pada Ayam


Obat Alami Tambah Nafsu Makan Ternak Ayam



Untuk mencegah atau menghindarkan ayam peliharaan dari kematian massal pada musim penghujan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai upaya pecegahan. Berikut hal- hal pencegahan yang bisa kita lakukan;


  1. Berikan selalu daun pepaya sebagai ransum (pakan tambahan) yang kaya serat serta pendongkrak nafsu makan ayam
  2. Sediakan pula ransum daun afrika, bisa direbus lalu dicincang atau langsung dicincang saja untuk dicampur dedak sebagai pakan harian(selama sau minggu full) atau cukup mingguan. Daun afrika berfungsi untuk mengembalikan kondisi pencernaan ayam agar tetap dalam kondisi normal. Kondisi pencernaan normal artinya bahwa ayam tidak mengeluarkan feses putih karena kondisi udara yang terbilang cukup dingin dan lembab secara konstan di musim penghujan
  3. Pastikan kebersihan serta kondisi steril kandang serta semua tempat pakan ataupun minum ayam. Kondisi kandang serta tempat pakan yang bercampur kotoran juga menjadi celah penyakit datang untuk menyerang kondisi kesehatan ayam peliharaan. 
  4. Perbaiki atap kandang yang bocor agar air hujan tidak menggangu saat ayam berada di kandang
  5. Kita juga bisa berikan obat herbal racikan sendiri yang terdiri dari jahe, kencur, dan cengkeh. Yaitu dengan mengambil air rebusan jahe,kencur dengan perbandingan 1:2 dengan ditambahkan cengkeh secukupnya.  Baca juga Cara Menyembuhkan Ayam Flu dengan Obat Alami Herbal.


Dengan segala kesiapan dan upaya pencegahan, kemunginan besar ayam ayam akan tetap sehat meski dalam kondisi dingin musim hujan sekalipun. Hal ini berlaku untuk ternak ayam kampung umbaran ataupun semi insentif. Namun jika ingin dicoba pada kondisi ayam ras atau broiler yang cenderung lebih ringkih atau memiliki daya tahan tubuh yang lebih rendah juga dipersilahkan.
Tips Singkat Hadapi Musim Hujan Ternak Ayam Tips Singkat Hadapi Musim Hujan Ternak Ayam Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on November 16, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.