2 Cara Amankan Anak Kelinci dari Tikus


Rata rata kelinci bisa melahirkan empat hingga 8 bayi kelinci. Tentu banyak faktor yang menyebabkan perbedaan jumlah anakan yang lahir. Mulai dari ukuran postur induk kelinci, jenis kelinci, hingga ukuran kandang juga sangat mempengaruhi aktifitas serta kuantitas jumlah bayi kelinci yang mampu dilahirkan.


Kelinci merupakan hewan pemakan rumput yang bukan termasuk ruminansia. Mereka memiliki sistem pencernaan yang lebih simpel jika dibandingkan dengan kelas hewan kaki empat lainnya. Hal itu yang menyebabkan banyak keluhan timbul mengenai kondisi kesehatan kelinci yang terkesan lemah dan mudah mati tak lama setelah dibeli.

Tahapan dalam merawat kelinci pasti dialami oleh sebagian besar atau bahkan seluruh pembudidaya ataupun penghobi kelinci. Salah satunya adalah menghadapi kelinci peliharaan yang tiba- tiba mati merupakan fase yang normal untuk dialami.

Seperti halnya menghadapi fase serangan tikus yang menjadi pemangsa anakan kelinci, hal itu pasti pernah dialami setiap pelaku perkelician. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah atau menyelamatkan bayi- bayi kelinci hingga mampu tumbuh besar tanpa mati dimangsa satu persatu oleh TIKUS;

  1. Gunakan kawat kandang dengan kerapatan tertentu. Kita bisa pilih jenis kawat anti karat ataupun kawat galvalum dengan kerapatan 1cm agar tikus tidak mampu masuk ke kandang dari sudut manapun dan memangsa anak- anak kelinci yang baru lahir. Gunakan juga kotak khusus dalam kandang agar anak – anak kelinci yang baru lahir tetap aman hingga umur tertentu. 
  2. Seringkali tikus beraktifitas memangsa anakan atau bayi kelinci ketika menjelang malam hingga pagi hari. Kita bisa ambil dan letakan anakan kelinci pada wadah khusus lalu amankan di dalam rumah atau lokasi yang tidak terjangkau oleh tikus. Ambil mereka bersama bulu- bulu induknya agar mereka tetap dalam kondisi hangat. Kita bisa kebalikan mereka ke kandang pagi harinya untuk kembali mendapatkan asupan susu dari induknya. 





Perlu diingat bahwa ada kalanya induk kelinci tidak mau menyusui. Itu berarti masalah baru akan timbul selain dari ancamam pemangsa tikus tadi. Jika induk kelinci tidak mau menyusui kita bisa coba dengan cara manual yaitu dengan cara membantu anak- anak kelinci menyusu pada induknya. Namun ketika permasalahnnya adalah susu induk kelinci yang tidak keluar, maka kita bisa lakukan dengan cara memberikan susu formula, susu kucing atau susu kambing meski hal itu jarang berhasil untuk dilakukan.

2 Cara Amankan Anak Kelinci dari Tikus 2 Cara Amankan Anak Kelinci dari Tikus Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on November 15, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.