Supaya Kelinci Akur Dalam Koloni



Sudah tahu tentang rabbit land yang ada di jepang? Merupakan salah satu pulau di jepang (Okunoshima) bekas sebuah pabrik penghasil senjata kimia pada sekitar tahun 1929 pada masa perang dunia 2. Setelah tidak digunakan lagi, disebarla beberapa ekor kelinci untuk memeriksa apakah masih ada kandungan racun yang tersisa dalam pulau Okunoshima.

Hinga saat ini jumlah kelinci pulau Okunoshima semakin banyak. Mereka hidup secara berkoloni tanpa ada satupun predator yang akan memangsa keberadaan kelinci dipulau itu.


Baca juga artikel lain tentang kelinci:

Cara Potong Kuku Kelinci
Kenapa Suara Jeritan Kelinci Mirip Tikus
Cara Mengetahui Kelinci Sedang Hamil
Makanan Yang Boleh dan Tidak Boleh Untuk Kelinci
Supaya Kelinci Akur Dalam Koloni


  
Dengan melihat kelinci hidup bergerombol, hal itu menjadi daya tarik atau kesenangan tersendiri. Apalagi ketika tiba waktunya memberi makan kelinci dan semuanya mulai mendekat bergerombol makan dalam satu tempat yang sama. Sebuah momen sederhana namun menghasilkan nuansa relaksasi di dalamnya.

Kita juga bisa membuat agar kelinci- keinci peliharaan yang kita miliki hidup dalam satu koloni tanpa saling serang. Hal pertama yang paling mudah dilakukan ialah dengan membeli kelinci yang masih kecil antara umur 2-3 bulan. Pada umur kelinci yang masih terbilang sangat muda, mereka masih senang untuk hidup bergerombol dan akan lebih mudah bonding(menyatu) meski berasal dari jenis atau indukan yang berbeda.

Kemudian, pemilihan jenis kelamin sedari awal juga perlu di pertimbangkan. Kita bisa membuat perbandingan 1:10 yang berarti 1 jantan untuk sejumlah 10 kelinci betina. Mengapa hal itu perlu dilakukan? Karena kelinci termasuk hewan teritorial dan kelinci dewasa termasuk memiliki biraui yang tinggi. Oleh karena itu, untuk mengendalikan kondisi dilakukanlah strategi 1:10 seperti di atas.
Yang ketiga ialah, area luas untuk menenuh kebutuhan area playground, area sarang serta area sumber makanan. Ketersediaan area untuk berbagai fungsi yang berbeda akan mempengaruhi konisi kesehatan kelinci untuk jangka waktu yang lama. Semisal; kelinci harus terhindar dari urinnya sendiri agar kulitnya tetap sehat dan jauh dari serangan jaur atau kutu kulit, atau juga untuk kesehatan bulu area luas akan baik untuk diadakan.

Untuk pembentukan koloni diatas akan lebih mudah dilakukan karena dilakukan ketika umur kelinci masih terbilang muda, namun ketika ingin membuat koloni dari kelinci yang sudah dewasa apa masih bisa dilakukan? Tentu saja bisa. Jika menganalis dari karakter alami kelinci yang teritorial, maka kita hanya perlu menyatkan mereka menjadi satu koloni pada area yang baru untuk semua anggota dalam koloni itu. Tentunya dengan tetap memberlakukan sistem 1:10 sebagai syarat utama. Jika hal itu sudah dilakukan, pemberian makanan sesaat setelah para kelinci disatukan adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Dari situ fokus mereka adalah satu yaitu pada makanan tanpa terganggu dengan keberadaan kelinci- kelinci lain yang sebelumnya tidak mereka temui. Lakukan hal itu kurang lebih selama satu minggu untuk memastikan makanan dalam area koloni sangat tercukupi sembari membuat mereka terbiasa dengan lingkungan itu.

Supaya Kelinci Akur Dalam Koloni Supaya Kelinci Akur Dalam Koloni Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on October 02, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.