Bentuk Biji Kemangi yang SiapTanam


Tanaman kemangi merupakan jenis tanaman semusim atau memiliki fase hidup yang singkat, yaitu akan mati sesaat setelah bunga yang dihasilkan mencapai usia tua. Semua bagian dari tanaman akan berubah kecoklatan dan menyisakan benih biji tua yang akan siap untuk tumbuh ketika jatuh ke tanah.

Tanaman kemangi termasuk dalam family atau suku Lamiaceae. Selain kemangi, yang tergolong tanaman dalam family Lamiaceae yaitu Kumis kucing, Nona makan sirih, Kentang hitam, Selasih dan lain-lain.

Tanaman kemangi memiliki nama ilmiah Ocimum x citriodorum. Tanaman ini termasuk yang mudah untuk dibudidayakan. Bahkan tanpa sengaja ditanam pun, tanaman kemangi akan tumbuh subur secara bergerombol ketika benih bijinya jatuh ke tanah.


Termasuk jenis tanaman semusim, menanam kemangi ternyata membutuhkan pengetahuan khusus. Hal itu berkenaan dengan mengatur fase hidup tanaman kemangi agar umur hidupnya lebih lama sehingga daunnya bisa dipanen setiap kali diperlukan. Untuk mewujudkan kondisi yang seperi itu, maka hal sederhana yang bisa kita lakukan ialah dengan cara melakukan pemangkasan berkala. Dengan melakukan pemangkasan, berarti kita sedang menunda fase tanaman untuk segera menghasilkan bunga dengan membuat tanaman kembali menumbuhkan tunas serta daun baru. Proses pemangkasan juga berlaku atau dilakukan oleh para petani kemanggi dengan tujuan mampu memanen setiap hari tanaman kemangi di kebunnya. Untuk jangka waktu yang panjang dengan produksi panenan daun kemangi yang konstan dan berkualitas baik, hal itu tetap bisa petani capai. Produksi daun yang baik dan terjadi secara konstan tentunya disertai dengan ketersedian nutrisi seimbang dalam tanah yang kemudian berdampak positif pada hasil panen yang optimal.

Sebagai salah satu jenis sayuran yang familiar dan dekat dengan sebagian besar masyarakat di Indonesia, fungsi daun kemangi bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam jenis kegunaan. Sebagai contoh, daun kemanggi seringkali digunakan sebagai teman lalap yang dihidangkan atau disajikan dalam bentuk mentah. Selain itu, karena aroma wewangian yang khas dari daun kemangi, maka tanaman ini biasa ditanam untuk dipergunakan sebagai salah satu bumbu utama pada masakan pepes ikan. Penggunaan daun kemangi pada pepes ikan ditujukan agar aroma amis ikan bisa hilang selama proses pematangan sehingga dihasilkan aroma sedap pepes ikan seperti yang bisa kita nikmati sekarang. Sebagai tambahan, penggunaan daun kemangi mentah tidak berhenti sebagai teman lalap saja, namun daun kemangi juga bisa digunakan sebagai pengganti sabun pada air kobokan seusai menyantap hidangan perpecelan. Penggunaan daun kemanggi untuk cuci tangan juga bisa menyamarkan bau amis tangan ketika tidak tersedia sabun cuci tangan ditempat itu.


Baca juga artikel lain;


Bentuk Biji Buncis

Bentuk Biji kangkung

Bentuk Biji Kecipir

Bentuk Biji Dewandaru

Bentuk Biji Tanaman Bunga Turi

Bentuk Biji Tanaman Gamal

Bentuk Biji Tanaman Kelor



Untuk mendapatkan daun kemangi, hal itu tidak begitu sulit untuk dilakukan karena pada banyak tempat entah di pasar tradisional ataupun di supermarket akan tersedia. Namun, jika ingin mencoba untuk menanam tanaman kemangi di rumah, maka hal utama yang perlu dilakukan ialah dengan cara menyediakan benih biji kemangi. Kita bisa dapatkan benih biji kemangi dari market place online atau bisa juga kita dapatkan langsung dari bunga tanaman kemangi yang sudah tua atau berwarna coklat.


Bunga atau biji kemangi dengan kualitas baik akan segera tumbuh tanpa butuh waktu tunggu yang panjang. Hal itu selalu bisa tercapai ketika kita menyemai atau menanam benih biji kemangi yang langsung kita petik dari tanamannya. Namun, jika tidak memiliki stock benih biji yang berasal langsung dari tanaman induk, dengan cara mendapatkan dari market place juga akan tetap aman untuk dilakukan. Penulis sendiri menanam bibit kemangi yang berasal dari simpanan benih biji kemangi yang sudah disimpan hampir lebih dari 5 tahun lamanya dan masih mampu berkecambah dan tumbuh tanpa ada halangan yang berarti. Jadi, tak perlu ragu untuk mendapatkan benih biji dari berbagai sumber berbeda dan tak perlu terbebani kualitas benih sebelum mencoba menanam dan melihat hasilnya.

Menanam kemangi bisa dilakukan di dalam pot, polibag atau bisa juga langsung ditanam dalam tanah. Ketiganya merupakan pilihan fleksibel dan akan menghasilkan kualitas tanaman yang sama selama ketersediann nutrisi yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh tetap tersedia dalam media tanamnya. Sebagai jenis tanaman yang dimanfaatkan produksi daunnya, maka pupuk yang dibutuhkan ialah jenis pupuk yang banyak mengandung nitrogen (N) atau pupuk kandang yang berasal dari kotoran kelinci. Dengan mencampurkan pupuk N dalam media tanamnya maka tanaman kemangi akan tumbuh subur dengan ukuran daun yang lebih lebar pula.
Bentuk Biji Kemangi yang SiapTanam Bentuk Biji Kemangi yang SiapTanam Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on November 26, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.