Stek Daun Tanaman Lidah Mertua


Menjadi salah satu tanaman yang direkomendasikan untuk diletakkan dalam ruangan, tanaman ini memiliki bentuk visual yang netral serta tak memerlukan perawatan merepotkan. Sedikit cahaya dan sedikit konsumsi air menjadi salah satu keunggulan dari merawat tanaman lidah mertua.

Karena bentuknya yang meruncing, tanaman ini dikenal dengan nama lidah mertua. Di indonesia, tanaman lidah mertua atau sansevieria atau disebut juga snake plant terdiri dari bermacam jenis. Salah satu jenis yang paling populer untuk hunian adalah jenis lidah mertua yang memiliki garis tepian berwarna kuning atau dengan nama ilmiah sansevieria trifasciata.


Sansevieria termasuk jenis tanaman berdaun tebal sebagai tempat menyimpan air dan digunakan juga sebagai simpanan nutrisi saat musim kekeringan panjang. Dengan kemampuan yang seperti itu, tanaman sansevieria akan tetap mampu hidup meski berada dalam lingkungan yang lembab ataupun kering. Selain secara memiliki keistimewaan alami tentang kemampuan adaptasi yang tinggi terhadap lngkungan, sebuah penelitian NASA yang bekerja sama dengan ALCA telah membuktikan bahwa tanaman sansevieria juga mampu mengurangi polusi secara alami.

Dari berbagai kemudahan dalam merawat tanaman sansevieria, ternyata dari segi pengembangbiakan bisa dilakukan dengan cara stek daun. Stek Daun Tanaman Lidah Mertua memang cukup mudah dilakukan meski untuk yang belum berpengalaman sekalipun. Jika ingin mencoba melakukan stek tanaman lidah mertua, berikut alat dan bahan yang perlu dipersiapkan untuk melakukan stek daun:


  1. Pisau tajam dan steril
  2. Media tanam steril atau bisa gunakan pasir sungai
  3. Sungkup atau green house
  4. Larutan anti fungi atau rebusan aloevera


Langkah- langkah dalam melakukan Stek Daun Tanaman Lidah Mertua;


Baca juga artikel lain tentang stek tanaman:


Begini Cara Stek Pucuk Tanaman Bunga Telang

Tips Trick Stek Mulberry tanpa ZPT

Stek Pucuk Ficus Elastica Karet Kebo Lebih Mudah

Stek Bambu Kuning Berhasil

Tips Stek Pucuk Tanaman Dewandaru Supaya Berhasil

Belajar Singkat Stek Beringin Variegata

Pengertian Stek dan Cara Stek Tanaman

Stek Jambu Air Tanpa Perangsang Akar Cepat Tumbuh



  1. Ambil atau potong sebatang daun lidah mertua. Bisa dengan cara satu batang untuk satu calon tanaman stek atau satu batang untuk dibagi lagi menjadi beberapa bagian dengan ukuran panjang sekitar 7 hingga 10cm. Sebagai latihan atau permulaan, kita bisa gunakan teknik stek perbatang lidah mertua untuk satu tanaman. Jika usaha yang pertama berhasil, bisa dilanjutkan  dengan mencoba cara yang lebih extreeme yaitu satu batang untuk 3 hingga 4 batang stek atau lebih.
  2. Bersihkan batang yang telah kita potong tadi menggunakan air bersih. Menggunakan air besih tujuannya adalah membersihkan kondisi bekas potongan agar tehindar dari bibit jamur atau hama lain.
  3. Setelah dibersihkan, lalu segera rendam pada larutan anti jamur atau rebusan aloevera. Beri waktu 15 hingga satu jam agar larutan diserap batang yang akan berfungsi sebagai proteksi saat ditanam nanti. 
  4. Persiapkan media tanam yang steril. Apapun media tanamnnya bisa digunakan; sekam bakar, tanah dari halaman, cocopeat yang sudah bebas zat tanin hingga pasir sungai. Pasir sungai dipilih karena media ini yang paling mudah ditemukan serta sifatnya yang tidak menyimpan air terlalu banyak akan cocok untuk menjaga kondisi bekas potongan dari timbulnya jamur. Letakan media tanam pasir sungai ke dalam polybag lalu basahi seluruh media pasir tadi.
  5. Setelah perendaman batang stek selesai, kita bisa langsung tancapkan stek lidah mertua pada media pasir yang masih lunak dan basah tadi. 
  6. Beri sungkup atau letakan stek yang baru saja ditancapkan ke dalam green house. Tujuan sungkup ataupun green house adalah untuk menghasilkan suhu hangat yang stabil selama proses pemulihan kondisi batang stek berlangsung. Setelah kondisi bekas potongan tadi sembuh atau telah membentuk kalus maka akar serta daun baru juga akan mulai tumbuh.
  7. Waktu tunggu hingga stek mulai tumbuh tunas baru bisa cepat bisa juga lambat. Hal itu dipengaruhi oleh kondisi dukung suhu yang ada. Dalam kondisi normal, saat stek sudah berumur satu bulan maka tunas baru mulai terlihat. Sedangkan untuk mengetahui apakah batang stek masih dalam kondisi hidup ialah dengan indikator atau ditunjukan oleh warna daun yang masih tetap segar tanpa kering ataupun busuk. 
  8. Hasil stek bisa mulai keluar dari green house setelah umurnya 2 hingga 3 bulan atau saat tunas baru usdah tumbuh sektar 5 cm. Letakan pada area yang terdapat naungan untuk proses adaptasi suhu tanaman stek terhadap lingkungan. 

Baca juga artikel lain tentang CARA Stek tanaman:

Cara Stek Mawar Tanpa Perangsang Akar

Pentingnya Melakukan Stek Saat Dormansi

Agar Stek Buah Tin Tidak Berjamur dan Kering

Stek Daun Mint Tidak Repot

Menanam Kembali Daun Mint Dari Supermarket

Cara Perbanyak Tanaman Insulin

Perbanyak Philodendron Swiss Cheese Satu Ruas Cukup
Stek Daun Tanaman Lidah Mertua Stek Daun Tanaman Lidah Mertua Reviewed by Tanam Ternak Rumahan on October 28, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.